Tau Gak Kenapa Rambut dan Kulit Kepala Berbau

kenapa-rambut-dan-kulit-kepala-berbau

Rambut dan kulit kepala sering mengalami masalah dan bau bila tidak dirawat dengan baik. Selain bisa membuat malu, rambut dan kulit kepala yang bau juga bisa membuat seseorang kehilangan rasa percaya diri. Biasanya masalah ini disebut dengan Smelly Hair Syndrome (SHS). Lalu, apa sih penyebab timbulnya SHS tersebut?

Menurut Glenn Lyons, seorang konsultan trichology dan direktur klinis Philip Kingsley Trichological Clinic di London, pada folikel rambut kita terdapat kelenjar sebaceous yang melekat di setiap helainya dan ini menghasilkan minyak. Jika rambut mengandung banyak minyak maka akan semakin mudah terkena polusi lingkungan, misalnya debu, asap kendaraan, asap rokok, bau masakan, dan aroma lain yang dapat menyababkan rambut dan kulit kepala menjadi bau.

Artikel lain: Manfaat buah nangka untuk kecantikan

Rambut yang kasar biasanya akan menyerap minyak lebih banyak dibanding rambut normal. Namun, tidak menutup kemungkinan orang yang berambut tipis juga mengalami masalah yang sama jika orang tersebut memakai produk rambut yang salah dan dapat menarik bau dan mengikatnya pada rambut.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan terhindar dari maslaha SHS. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya SHS:

  • Jagalah kebersihan rambut dan kulit kepala dengan cara mencucinya dengan teratur.
  • Biasakan minum air putih dengan banyak, untuk menjaga kesehatan rambut.
  • Kurangi kebiasan minum minuman berkafein.
  • Kurangi kebiasaan makan makanan yang terlalu pedas karena bisa membuat suhu tubuh meningkat dan akan membuat produksi keringat di kepala semakin banyak.
  • Hindari kebiasaan minum minuman beralkohol karena ini juga bisa membuat suhu tubuh semakin meningkat dan membuat kulit kepala memproduksi keringat lebih banyak.
  • Hindari kebiasaan merasa cemas dan stress karena ini juga bisa membuat tubuh berkeringat lebih banyak.

Ok sobat Sok Tau, sekian dulu penjelasan kenapa rambut dan kulit kepala berbau. Semoga artikel dari tim Sok Tau bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Rambut dan Kulit Kepala Berbau, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 8, 2013