Tau Gak Kenapa Roda Berbentuk Bulat

kenapa-roda-bentuknya-bulat

Sobat Sok Tau pasti sering naik sepeda kan, atau mungkin naik sepeda motor. Perhatikan rodanya, semua roda pada kendaraan yang digunakan di bumi ini semuanya berbentuk bulat/ lingkaran? Kenapa tidak berbentuk persegi atau berbentuk pentagonal? Sobat Sok Tau ada yang bisa menjelaskan tidak, apa kelebihan atau keuntungan bentuk lingkaran sehingga digunakan sebagai bentuk roda?

Beberapa orang yang pernah ditanya tentang hal ini tidak bisa menjawab dengan baik. Ada yang bilang, udah dari sananya roda itu memang bulat, tapi tidak bisa menjelaskan secara ilmiah alasan utama roda itu selalu berbentuk bulat atau lingkaran.  Ada juga yang menjawab, kalau bentuknya kotak ngga bisa jalan dong.

Artikel lain: Berapa jumlah tulang manusia

Sebuah kendaraan yang ada di darat biasanya menggunakan roda sebagai alat untuk membantu kendaraan itu berpindah dari satu tempak ke tempat lainnya. Dan setiap roda yang ada selalu berbentuk lingkaran atau bulat. Berikut ini adalah penjelasan ilmiahnya.

Sebuah benda dapat bergerak dengan mudah pada sebuah bidang di daratan atau lantai jika koefisien geseknya sangat kecil atau hampir mendekati nol. Perhatika sebuah benda yang berbentuk persegi empat atau pentagonal, koefisien gesek pada benda berbentuk persegi dan pentagonal sangat besar.

Sedangkan benda yang berbentuk bulat atau lingkaran seperti roda, koefisien geseknya sangat kecil, bahkan hampir nol. Karena gaya gesek permukaan roda tersebut sangat kecil, benda itupun dapat meluncur di sebuah bidang atau lantai dengan lebih baik dibandingkan dengan benda yang rodanya berbentuk lain.

Sekarang coba bayangkan sebuah sepeda yang diberi roda dengan bentuk segitiga atau kotak. Hmm… sepeda itu pasti tidak akan bisa bergerak maju atau mundur. Kendaraan yang beroda bulat tentu akan jauh lebih mudah meluncur dan lebih mudah digunakan.

Ok sobat Sok Tau, sekian dulu penjelasan kenapa roda kendaraan itu selalu berbentuk bulat. Semoga artikel dari tim Sok Tau bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Roda Berbentuk Bulat, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - June 10, 2013