Tau Gak Kenapa Seragam Pramuka Berwarna Cokelat

pramuka

Sobat Sok Tau pasti pernah melihat atau menggunakan seragam pramukan bukan? Seragam pramuka itu berwarna cokelat, pada bagian bawah berwarna cokelat tua sedangkan bagian atas berwarna cokelat muda. Kamu pasti pernah bertanya-tanya, kenapa sih warna seragam pramuka berwarna cokelat? Kenapa nggak biru aja, sesuai dengan warna favorite kamu?

Sebagian orang pasti tidak terlalu perduli tentang ini, namun tim Sok Tau ingin membagikan informasi yang menjelaskan tentang warna seragam pramuka ini. Walaupun terlihat agak sepele dan banyak yang menyadari tentang pemilihan warna seragam pramuka ini, ternyata ada sejarahnya lho kenapa seragam pramuka berwarna cokelat.

Artikel lain: Fungsi garis putih hitam pada kulit Zebra

Jika kamu seorang pramuka maka kamu seharusnya tahu tentang sejarah pemilihan warna seragam pramuka. Pada jaman perjuangan kemerdekaan dahulu, yaitu pada tahun 1945 – 1949, para pejuang Indonesia menggunakan pakaian berwarna cokelat, hijau, dan wulung. Dan dari ketiga warna tersebut, yang paling serasi dengan warna bendera negara kita adalah warna cokelat.

Selain itu, penggunaan seragam cokelat ini kemudia diselaraskan juga dengan setangan dan pita leher pramuka yaitu berwarna merah putih, sesuai dengan keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 226 Tahun 2007. Sudah saatnya bagi kakak pembina pramukan untuk mengarahkan adik-adik yang mereka didik supaya lebih mengenal pramuka lebih jauh.

Kalau kita perhatikan, sistem pendidikan Kepramukaan saat ini banyak menggunakan kiasan-kiasan dalam menyelenggarakannya, namun essensi kiasan dari tanda pengenal, seragam, TKK, TKU, yang seharusnya bisa dijelaskan lebih mendalam untuk mempersiaplan para tunas bangsa sejak dini.

Sekarang kamu sudah mengerti kan kenapa seragam pramuka berwarna cokelat. Ini karena warna tersebut sangat lekat dengan perjuangan para pendahulu kita dalam memperjuangkan kemerdekaan 1945. Selain itu, warna cokelat sangat cocok dipadukan dengan setangan atau pita leher yang berwarna merah putih, yaitu warna bendera negara Indonesia.

Demikianlah penjelasan singkat kenapa seragam pramuka berwarna cokelat. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Seragam Pramuka Berwarna Cokelat, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 22, 2013