Tau Gak Kenapa Susu Berwarna Putih

kenapa-susu-putih

Sobat Sok Tau pasti sering minum susu waktu kecil, atau bahkan sampai sekarang. Warna dasar susu adalah putih, walaupun saat ini banyak susu yang dikombinasikan dengan bahan lain sehingga membuat warnanya berbeda, misalnya coklat atau pink. Lalu, kenapa sih warna susu itu putih? Kenapa tidak berwarna hitam, hijau, atau biru?

Susu adalah kebutuhan yang sangat penting bagi bayi karena susu mengandung nutrisi yang sangat penting bagi tubuh bayi tersebut. Ketika manusia masih bayi, tentunya kita akan mendapatkan susu dari ibunda tercinta. Namun, ketika sudah dewasa, kebutuhan susu bisa didapatkan dari susu sapi yang menyediakan banyak nutrisi.

Artikel lain: Kenapa burung pelatuk tidak pusing saat mematuk

Susu sapi mengandung laktosa yang cukup besar. Beberapa kandungan di dalam susu sapi antara lain adalah laktosa 5%, lemak 3,7%, dan protein 3,5%. Protein yang biasanya ditemukan pada susu adalah Kasein yang kaya akan kalsium. Protein tersebut adalah kombinasi antara lemak dan kasein yang memberikan warna pada susu sapi.

Cahaya alami yang terdapat pada susu berasal dari kasein dan lemak, dan kedua nutrisi ini memberikan warna putih pada susu. Panjang gelombang yang mampu dilihat manusia sangat mempengaruhi tampilan warna yang dilihat mata. Beberapa lemak dan kasein diketahui memantulkan berbagai panjang gelombang tertentu, inilah yang membuat mata kita melihat susu sapi berwarna putih.

Demikianlah penjelasan singkat kenapa kita melihat susu berwarna putih. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Susu Berwarna Putih, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - September 16, 2013