Tau Gak Kenapa Susunan Batu Bata Tidak Lurus

pasangan-batu-bata

Sobat Sok Tau pasti pernah melihat proses pembangunan rumah atau gedung di sekitar tempat tinggal kamu. Kalau kamu perhatikan, rumah yang dibangun dengan menggunakan batu bata pasti susunannya dibuat tidak lurus. Batu bata pada bagian bawah tidak sejajar dengan batu bata pada bagian atasnya. Kenapa ya dibuat seperti itu?

Tujuan disusunnya batu bata dengan posisi yang tidak lurus adalah agar rumah/ gedung yang dibangun dengan batu bata tersebut tidak mudah rubuh. Susunan batu bata selalu dibuat tidak berurutan susunannya, atau dibuat dengan posisi selang seling.

Artikel lain: Kenapa kabel listrik ada bola-bolanya

Susunan batu bata yang dibuat tidak lurus bertujuan agar strukturnya saling mendukung antara batu bata yang di atas dan batu bata yang ada disebelahnya. Gaya tekan dan juga gaya dorong yang dikeluarkan oleh tiap batu bata akan saling mendukung sehingga strutur bangunannya semakin kuat.

Jika kita menyusu batu bata dengan posisi yang ditumpuk sejajar, dan asal tumpuk, maka tumpukan batu bata tersebut akan sangat mudah goyah dan mudah rubuh. Susunan batu bata tanpa pola juga tidak memiliki kekuatan yang baik. Jadi, untuk membuat struktur bangunan lebih kuat maka susunan batu bata dibuat dengan pola selang seling dan saling mendukung satu sama lain.

Demikianlah penjelasan singkat kenapa susunan batu bata dibuat tidak lurus. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Susunan Batu Bata Tidak Lurus, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - October 22, 2013