Tau Gak Kenapa Tubuh Kita Berkeringat

Push

Ketika kamu melakukan kegiatan olah raga atau sedang berada di sebuah tempat yang agak panas, pasti tubuh kamu akan mengeluarkan keringat. Pernah gak kamu berpikir, kenapa tubuh kita mengeluarkan keringat setelah melakukan aktifitas atau berada di tempat yang agak panas? Dan bagaimana proses terjadinya keringat dalam tubuh kita? Baca terus artikel ini untuk mengetahui penjelasannya.

Air keringat yang keluar dari tubuh kita berfungsi untuk menyeimbangkan suhu tubuh kita tetap pada suhu yang normal, yaitu 36.8 derajat Celcius. Ketika kamu berada pada di tempat dimana kondisi cuacanya agak panas, tubuh kamau akan mengeluarkan keringat untuk menurunkan suhu tubuh yang semakin panas secara alami.

Artikel lain: Kenapa AC bisa mengeluarkan udara dingin

Ini bertujuan agar suhu tubuh kamu tetap konstan. Keringat sama seperti zat cair lainnya, dapat menguap bila ada panas, dan panas yang berasal dari tubuh kita membuat keringat menguap. Nah, ketika terjadi penguapan tadi maka panas tubuh kita akan terserap dan membuat suhu tubuh turun. Inilah alasan kenapa tubuh kita mengeluarkan keringat, yaitu sistem dalam tubuh yang bertujuan untuk menormalkan suhu tubuh kita.

Biasanya keringat akan muncul ketika kita melakukan aktifitas fisik yang agak berat yang membuat tubuh berangsur-angsur semakin panas, atau saat kondisi cuaca panas. Kulit adalah jaringan tubuh kita yang sangat berperan dalam pembentukan dan pengeluaran keringat. Lapisan kulit itu antara lain; lapisan epidermis, lapisan dermis, dan lapisan hipodermis. Pada bagian dermis kulit ada sekitar dua juta kelenjar keringat yang memproduksi keringat.

[youtube id=”q_ozU4bbijU” width=”620″ height=”360″]

Lalu kenapa ada orang yang keringatnya bau? Keringat yang bau terjadi karena kelenjar apokrin dalam tubuh menghasilakn keringat yang kental karena mengandung lemak. Sel kelenkar apokrin mudah rusak dan bersifat alkali dan dapat menimbulkan bau. Pada dasarnya keringat kita itu tidak bau. Bau keringat yang terjadi itu karena sel kelenjar yang rusak itu membusuk dan terserang bakteri. Itulah yang membuat munculnya bau keringat yang khas tersebut.

Ok sobat Sok Tau, sekian dulu penjelasan kenapatubuh kita mengeluarkan keringat. Semoga artikel dari tim Sok Tau bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Tubuh Kita Berkeringat, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - June 3, 2013