Tau Gak Kenapa Tubuh Kita Menggigil Saat Kedinginan

menggigil-kedinginan

Semua orang pasti pernah mengalami kedinginan dan menggigil, termasuk sobat Sok Tau. Ketika kita mengalami kehujanan atau berada pada daerah yang suhu udaranya dingin, tubuh kita akan merasa kedinginan dan menggigil. Pada saat itu, kita akan berusaha mencari tempat yang hangat atau menggunakan pakaian yang dapat menghangatkan tubuh kita.

Tubuh yang menggigil dilakukan oleh tubuh kita secara tidak sadar dan akan segera berhenti ketika kita sudah merasa lebih hangat. Lalu, kenapa sih tubuh kita menggigil saat kedinginan?

Artikel lain: Kenapa daun putri malu mengatup saat disentuh

Tubuh kita menggigil saat kedinginan adalah sebuah gerakan refleks dari tubuh ketika merespon udara yang dingin. Ternyata gerakan menggigil tersebut adalah respon tubuh kita atas udara dingin di sekitar kita untuk menjaga agar tubuh kita tetap hangat dan tetap hidup.

Ketika tubuh kita merasakan dingin, otak akan mendeteksi sampai di mana rasa dingin tersebut dirasakan oleh tubuh kita. Manusia bisa meninggal dalam keadaan hipotermia ketika temperatur internal dalam organ tubuh turun hingga kurang dari 37 derajat Celcius. Nah, ketika proses deteksi suhu tubuh dilakukan oleh otak, otot-otot akan distimulasi oleh otak untuk menggigil sedikit demi sedikit.

Proses menggigil ini sangat berguna untuk menjaga temperatur dalam tubuh saat suhu udara rendah, sehingga organ-organ tubuh tetap bisa beraktifitas. Tapi tubuh yang menggigil ternyata banyak menyerap energi, itulah sebabnya orang akan lebih cepat lapar di tempat yang dingin.

Demikianlah penjelasan singkat kenapa tubuh kita menggigil saat kedinginan. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Tubuh Kita Menggigil Saat Kedinginan, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 7, 2013