Tau Gak Kenapa Wajah Kita Memerah Saat Merasa Malu

wanita-tersipu-malu

Ketika seseorang merasa malu karena sesuatu, biasanya mukanya akan merah merona. Bukan cuma karena malu saja, wajah memerah bisa juga dikarenakan marah atau hal lainnya. Lalu kenapa sih wajah kita bisa memerah saat merasa malu?

Agar lebih mudah dalam memahami fenomena ini, kamu perlu untuk mempelajari tentang istilah “fight-or-flight response” di Wikipedia. Semua mahluk hidup yang memiliki tulang belakang pasti mengalami kondisi psikologis saat mereka merasa tidak nyaman atau terancam dari luar. Nah, respon dari dalam diri mahluk hidup tersebut akan memutuskan apakah dia akan melawan (fight) atau justru pergi (flight).

Artikel lain: Kenapa warna mata manusia berbeda-beda

Respon ini adalah sesuatu yang bersifat alami, dikendalikan oleh sistem refleks dari dalam tubuh dan tidak bisa kita kendalikan. Fenomena kenapa manusia bisa merasa malu sampai saa ini masih sangat sulit diterangkan oleh para pakar. Namun, pipi yang memerah karena merasa malu ada penjelasannya secara sains.

Ternyata, perasaan malu dan perasaan tertekan yang kita rasakan selama ini sudah masuk dalam kategori “ancaman” dan “serangan” dari luar. Inilah yang kemudian memicu “fight-or-flight response” dalam diri kita. Ketika kita merasa malu, biasanya kita akan merasa tidak nyaman dan timbul keinginan untuk pergi secepat mungkin. Ketika hal itu terjadi, tubuh kita juga bereaksi dan memproduksi hormon adreanalin di dalam tubuh.

Hormon adrenallin ini berfungsi untuk mengatur detak jantung yang semakin cepat, dan mengatur pembuluh darah yang melebar untuk mengimbangi pompaan jantung yang semakin meningkat. Namun, pada beberapa bagian tubuh manusia terjadi pelebaran pembuluh darah yang lebih besar dibanding pada bagian tubuh lainnya, dan pembuluh darah ini biasanya berada dekat sekali dengan permukaan kulit, salah satunya adalah pada bagian pipi. Itulah sebabnya kenapa orang yang sedang merasa malu pipinya terlihat memerah dari luar.

Demikianlah penjelasan singkat kenapa wajah kita memerah saat merasa malu. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Wajah Kita Memerah Saat Merasa Malu, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - October 6, 2013