Tau Gak Kenapa Warna Mata Manusia bisa Berbeda-beda

kenapa-warna-mata-berbeda-beda

Kamu pasti pernah melihat beberapa warna mata manusia. Orang Indonesia biasanya memiliki warna mata hitam dan cokelat, berbeda dengan orang barat yang kebanyakan memiliki warna mata biru, hazel, cokelat, dan hijau. Kenapa ya warna mata manusia berbeda-beda?

Yang mempengaruhi warna mata manusia itu adalah jumlah sel-sel melanosit yang ada pada bagian iris mata dan bagaimana penyebarannya. Sel melanosit ini menghasilkan melanin, yaitu pigmen yang terdapat pada mata dan memberikan warna pada iris mata kita.

Artikel lain: Kenapa anjing suka mengeluarkan lidah

Pada mata manusia, iris mata terdiri dari beberapa lapisan dimana lapisan depan dan lapisan stroma adalah bagian yang penting dalam penentuan warna mata. Jumlah melanin pada epitelum di belakang iris, pada stroma, dan kepadatan sel stroma akan menentukan pigmentasi iris mata, dari cokelat terang hingga berwarna hitam.

Mata yang berwarna cokelat memiliki melanosit dan melanosom yang banyak pada bagian epitelum pigemn dan stroma. Sedangkan mata yang berwarna biru, memiliki melanin dalam jumlah yang sedikit.

Warna biru, hijau, dan hazel pada mata seseorang adalah hasil dari hamburan Rayleigh pada cahaya di bagian stroma. Ini hampir sama dengan fenomena penyebab langit berwarna biru yang kita lihat. Hamburan Rayleih adalah hamburan elastis cahaya oleh partikel yang lebih kecil dari panjang gelombang cahaya.

Contoh lain bisa kita lihat pada bulu ekor burung merak. Ekor merak memiliki pigmen cokelat, namun strukturnya membuat warna ekor burung merak tampak berwarna hijau, biru, toska, bahkan berwarna-warni.

Demikianlah penjelasan singkat kenapa warna mata manusia bisa berbeda-beda. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Warna Mata Manusia bisa Berbeda-beda, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - October 3, 2013