Tau Gak Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Berolahraga

makanan-yang-tidak-boleh-dikonsumsi-setelah-berolahraga

Rajin ke gym adalah salah satu cara untuk membuat bentuk tubuh lebih indah. Namun ada hal lain yang perlu kita perhatikan untuk menjaga bentuk tubuh tetap indah, yaitu menggabungkan latihan kebugaran dengan makanan yang sehat.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang tidak boleh kamu makan setelah melakukan olahraga:

Artikel lain: Akibat penggunaan high heels setiap hari

1. Segala macam snack asin

Banyak orang yang suka makan makanan asin setelah mereka berolahraga. Makanan seperti ini dapat mengakibatkan tubuh kehilangan cairan dan nutrisi tubuh. Kamu bisa mengganti makanan asin ini dengan makan pisang atau buah lainnya.

2. Makanan yang mengandung gula atau soda

Makanan dan minuman yang mengandung gula dan soda akan merusak tubuh secara perlahan-lahan. Efek gula yang bisa terjadi adalah melambatnya metabolisme di dalam tubuh kita. Metabolisme yang lambat tentunya akan membuat proses penurunan berat badan menjadi terhambat.  Akan lebih baik jika kamu minum air putih atau jus tanpa gula setelah melakukan olahraga.

3. Makanan berlemak dan berbagai jenis snack

Tujuan kita berolahraga adalah menurunkan berat badan dan menjaga bentuk tubuh agar tetap ideal. Nah, setelah melakukan aktivitas olahraga tubuh kita membutuhkan glikogen, yaitu zat penting yang diproduksi dan di simpan di dalam hati dan otot. Makanan berlemak tidak memberikan kontribusi dalam menyimpan glikogen, karena itu kamu tidak disarankan makan makanan berlemak setelah melakukan olahraga.

4. Sayuran mentah

Kamu pasti berpikir bahwa sayuran sangat baik jika dimakan setelah berolahraga. Tapi ternyata tidak seperti itu. Tubuh kehilangan banyak nutrisi setelah berolahraga. Karena itu, kamu membutuhkan makanan yang berserat dan mengandung protein untuk mengembalikan tenaga. Dan sayuran tidak bisa mencukupi kebutuhan itu.

5. Coklat

Cokelat sebenarnya memiliki banyak sekali manfaat, misalnya memberikan kalori, mengandung antioksidan, mengurangi resiko kanker, dan meningkatkan memori otak kita. Namun, cokelat bukanlah pilihan yang tepat untuk kamu makan setelah berolahraga karena tidak memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

6. Segala jenis pastri

Kue-kue memang bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama. Namun, kue bukanlah pilihan tepat setelah kamu melakukan latihan fisik karena tubuh kita membutuhkan karbohidrat yang baik untuk menggantikan glikogen yang terlepas saat berolahraga.

7. Energy bars

Seharusnya energy bars ini kamu konsumsi sebelum kamu berolahraga, bukan setelahnya. Kamu juga harus tahu bahwa energy bars sebenarnya mengandung gula tinggi yang justru akan membuat metabolisme tubuh melambat dan merangsang terbentuknya lemak dalam tubuh.

Demikianlah penjelasan singkat tentang makanan yang tidak boleh dikonsumsi setelah berolahraga. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Berolahraga, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - November 5, 2013