Tau Gak Manfaat Air Cucian Beras Untuk Kecantikan

manfaat-air-cucian-beras-untuk-kecantikan

Sebenarnya sejak jaman dahulu air beras sudah dipercaya mengandung khasiat yang baik untuk kecantikan kulit. Banyak wanita di Jepang menggunakan air cucian beras untuk mencuci muka dan mandi. Air cucian beras dipercaya dapat membuat kulit lebih cerah dan mulus karena mengandung selulosa, hemiselulosa, protein glutein, gula, dan vitamin.

Di Indonesia sendiri penggunaan air cucia beras untuk kecantikan sudah dikenal sejak jaman nenek moyang kita. Dahulu air cucian beras digunakan sebagai masker untuk menjaga kulit wajah tidak berjerwat dan tetap kencang. Selain itu, air cucian beras juga sering digunakan untuk lulur, misalnya lulur jawa yang dibuat dari bubuk beras dan rempah-rempah lainnya.

Artikel lain: Cara memanfaatkan labu untuk kecantikan

Zat oryzanol banyak terdapat pada beras. Zat ini sangat bermanfaat dalam pembentukan pigmen melanin pada kulit kita. Selain itu, zat ini juga sangat efektif untuk menangkal sinar ultraviolet.

Kita tidak perlu menghabiskan uang banyak untuk membeli berbagai kosmetik pembersih dan penghalus kulit karena kita bisa menggunakan air beras di rumah. Selain harganya jauh lebih murah, caranya juga sangat mudah dilakukan. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Siapkan kantung berbahan katun, lalu masukkan beras secukupnya ke dalam kantung tersebut.
  2. Pukul kantung berisi beras tersebut dengan perlahan, jangan sampai merobek kantungnya.
  3. Setelah berasnya cukup halus, masukkan kantung tersebut ke dalam air hangat.
  4. Letakkan kantung tersebut ke wajah secara perlahan dan merata, selama kurang lebih dua menit.
  5. Bersihkan wajah dengan menggunakan air dingin.

Informasi tambahan:

  1. Ada beberapa jenis warna beras, setiap jenis beras tersebut memiliki khasiat yang berbeda pada kulit kita.
  2. Beras putih: sangat cocok untuk kulit normal yang agak berminyak.
  3. Beras merah: sangat cocok untuk kulit normal yang agak kering.
  4. Beras hitam: jenis beras yang agak langka ini cocok untuk segala jenis kulit.

Demikianlah penjelasan singkat tentang manfaat air cucian beras untuk kecantikan. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Manfaat Air Cucian Beras Untuk Kecantikan, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - December 4, 2013