Tau Gak Manfaat Baik Donor Darah

manfaat-baik-donor-darah

Sobat Sok Tau pernah mendonorkan darah ke PMI? Ternyata donor darah punya manfaat bagi orang lain dan juga bagi si pendonor. Selain dapat menyelamatkan nyawa pasien yang butuh pasokan darah, donor darah juga punya manfaat tersendiri bagi si pendonor.

Berdasarkan penelitian para ahli, dengan mendonorkan darah, maka akan membantu menyeimbangkan kadar zat besi di dalam darah kita. Zat besi yang terlalu berlebihan bisa membahayakan jantung. Itulah sebabnya kenapa donor darah dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular.

Artikel lain: Makanan yang menyebabkan gas dalam lambung

Begitu juga pada wanita yang menstruasi, mereka juga perlu menyeimbangkan kadar zat besi dalam tubuh. Kadar zat besi yang seimbang akan mengurangi resiko berkembangnya gejala penyakit kanker di dalam tubuh.

Selain itu, dengan mendonorkan darah, kita juga akan mengurangi resiko terserang penyakit kanker kolon, hati, paru-paru, dan kanker tenggorokan. Mereka yang rutin mendonorkan darahnya akan memiliki volume darah yang seimbang di dalam tubuhnya dan membantu mencegah terjadinya tekanan darah berlebihan.

Namun, kita tidak bisa mendonorkan darah dengan sembarangan jika ingin mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan. Untuk pria, mereka bisa mendonorkan darah setiap tiga bulan sekali, sedangkan wanita bisa mendonorkan darah setiap empat bulan sekali. Sebelum mendonorkan darah, kamu harus berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan kondisi kesehatan.

Demikianlah penjelasan singkat tentang manfaat baik donor darah. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Manfaat Baik Donor Darah, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - December 8, 2013