Tau Gak Manfaat Blewah Untuk Menu Buka Puasa

kebaikan-blewah-untuk-menu-berbuka-puasa

Ketika bulan Ramadan buah blewah ini seringkali digunakan untuk membuat es buah. Buah blewah memiliki nama latin yaitu Cucumis melo L. Wakaupun bentuknya sangat mirip dengan mentimun atau lebu, sebenarnya blewah masih masuk dalam keluarga melon.

Buah ini biasanya berwarna kuning dan berbentuk lonjong, kulitnya agak tipis namun dagingnya cukup tebal dan lembut. Ketika buah blewah sudah matang, warna dagingnya akan berwarna kemerahan dan mengeluarkan aroma yang harum. Di dalam buahnya terdapat biji dan serat yang biasanya dapat digunakan sarinya.

Artikel lain: Kenapa harus makan kurma saat puasa

Di dalam buah blewah terkandung beberapa nutrisi yang sangat baik untuk tubuh kita, diantaranya adalah provitamin, kalium, vitamin C, vitamin B6, dan serat. Selain itu blewah juga mengandung enzim yang dapat membantu menyerap nutrisi dengan baik sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi ketika kamu menjalankan ibadah puasa.

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah blewah:

  1. Buah blewah dapat membantu menjaga kesehatan dan membantu menurunkan berat badan yang berlebihan karena blewah memiliki kadar gula dan kalori yang rendah.
  2. Sangat baik dikonsumsi mereka yang punya tekanan darah tinggi karena kandungan kaliumnya bisa membantu menurunkan hypertensi.
  3. Buah blewah juga dapat mengurangi terjadinya tulang keropos dan resiko batu ginjal.
  4. Buah ini mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan. Buah ini juga bisa membantu mencegah timbulnya kanker, penyakit jantung, dan penyakit berbahaya lainnya.
  5. Buah blewah dapat membantu mereka yang memiliki masalah insomnia dan membuat mereka tidur lebih pulas.
  6. Untuk mereka yang punya masalah penyakit maag dan infeksi saluran kemih sebaiknya mengkonsumsi buah blewah karena bisa membantu mengatasi penyakit tersebut.
  7. Buah blewah juga mengandung vitamin A yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mata kamu.
  8. Blewah juga mengandung folat yang sangat baik untuk perkembangan janin dan otak janin.

Melihat begitu banyaknya manfaat buah blewah untuk kesehatan kita, tentunya kamu tidak ingin melewatkan buah ini ketika berbuka puasa. Namun, kamu perlu memperhatikan porsi yang kamu konsumsi karena kebanyakan makan blewah bisa membuat tekanan darah menjadi rendah.

Demikianlah penjelasan singkat manfaat buah blewah untuk menu buka puasa. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Manfaat Blewah Untuk Menu Buka Puasa, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 15, 2013