Tau Gak Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

manfaat-buah-mengkudu-untuk-kesehatan

Salah satu buah yang mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan kita adalah buah mengkudu. Buah ini mengandung vitamin, mineral, dan protein penting untuk tubuh kita. Beberapa kandungan kimia yang dibutuhkan manusia terdapat pada buah ini, seperti xeronine, plant sterois, alizarin, lycine, sosium, coprylic, acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace, elemens, phenylalanine, dan magnesium.

Apa saja manfaat buah ini untuk kesehatan kita? Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat diberikan oleh buah mengkudu dan cara pengolahannya.

Artikel lain: Manfaat cengkeh untuk kesehatan

1. Daya tahan tubuh

Buah mengkudu memiliki keseimbangan sempurna dari vitamin, mineral, asam amino, peptida, dan enzim. Ke semua nutrisi yang terkandung sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa minum jus mengkudu dapat membantu melindungi tubuh dari efek radikal bebas. Sebab buah mengkudu kaya akan antioksidan alami seperti vitamin E dan koenzim Q10 yang diperlukan tubuh.

2.Anti inflamasi

Buah mengkudu bersifat anti inflamasi yang dapat mencegah terjadinya peradangan. Buah ini juga bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

3. Melawan kuman

Buah mengkudu mengandung senyawa skopoletin, terpana, dan antrakuinon. Senyawa ini bersifat anti bakterial, anti jamur, dan anti parasit, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan tubuh kita.

4. Anti kanker

Di dalam buah mengkudu juga terdapat senyawa 2-methoxy-1,3,6-trihydroxyanthraquinone yang dapat mencegah terjadinya kerusakan DNA, mencegah kanker, dan menjaga kesehatan sel-sel dalam tubuh.

5. Mengendalikan tekanan darah

Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi mengkudu dalam bentuk jus, buah segar, dan suplemen, karena kandungan nutrisi di dalamnya dapat mencegah tekanan darah tinggi dan menjaga tensi darah tetap stabil.

6. Menghilangkan Sisik pada Kaki

Gunakan buah mengkudu yang masak di pohon. Lalu gosokkan mengkudu tersebut pada bagian kaki yang bersisik, diamkan selama 10 menit. Setelah itu bersihkan dengan kain yang sudah dibasahi dengan air hangat.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mengkudu mengandung zat yang dapat mengaktifkan kerja kelenjar tiroid dan kelenjar timus. Dengan begitu, daya tahan tubuh kita menjadi lebih baik.

Demikianlah penjelasan singkat tentang manfaat buah mengkudu untuk kesehatan. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - November 13, 2013