Tau Gak Manfaat Jagung untuk Kesehatan

manfaat-jagung-untuk-kesehatan

Kita sering menemukan jagung sebagai bahan makanan, misalnya sereal. Jagung sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Salah satu manfaatnya adalah untuk membantu mengontrol diabetes.

Selain mengontrol diabetes, jagung juga sangat baik untuk mencegah penyakit jantung, mencegah cacat tabung saraf saat bayi lahir, dan bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Berikut ini adalah beberapa manfaat jagung untuk kesehatan:

Artikel lain: Tanda terlalu banyak zat besi dalam tubuh

1. Memperbaiki pencernaan

Serat yang terkandung dalam jagung sangat baik untuk pencernaan kita. Serat ini bisa mencegah penyakit sembelit, wasir, dan menurunkan resiko kanker pada usus besar.

2. Kaya mineral

Di dalam jagung terdapat berbagai mineral seperti magnesium, tembaga, besi, dan juga fosfor untuk tulang. Nutrisi ini sangat baik untuk mencegah terjadinya retak pada tulang ketika usia bertambah tua, dan juga meningkatkan fungsi ginjal.

3. Merawat kulit

Jagung juga mengandung antioksidan yang bisa membantu kulit tetap awet muda. Minyak yang terkandung di dalam jagung merupakan sumber asam linoleat yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Selain itu, tepung jagung sangat efektif untuk meredakan iritasi pada kulit.

4. Mencegah anemia

Kekurangan zat besi dalam tubuh bisa membuat seseorang mengalami penyakit anemia. Jagung juga mengandung vitamin B dan asam folat yang sangat baik untuk mencegah seseorang terkena anemia.

5. Mengontrol kolesterol

Jagung juga mengandung vitamin C, kerotenoid, dan bioflavinoids, yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita untuk menjaga jantung tetap sehat dan mengendalikan kolesterol. Kolesterol yang baik dalam tubuh akan lebih maksimal dan membantu meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

6. Penting selama kehamilan

Ibu hamil membutuhkan makanan yang mengandung asam folat untuk menjaga kesehatan bayi dalam kandungan. Berat bayi akan berkurang bila ibu hamil kekurangan asam folat. Jagung manis banyak mengandung asam folat untuk mencegah bayi dalam kandungan kekurangan berat dan menghindarkan bayi dari cacat.

Demikianlah penjelasan singkat tentang manfaat jagung untuk kesehatan. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Manfaat Jagung untuk Kesehatan, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - September 30, 2013