Tau Gak Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

manfaat-jahe-untuk-kesehatan

Jahe memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Jahe diketahui dapat mengatasi rasa mual, mengatasi kram akibat menstruasi, membersihkan usus kita, dan dapat mencegah kanker usus. Rasa jahe yang hangat dapat memberikan energi bagi tubuh kita, dan sering digunakan sebagai obat tradisional untuk sakit perut dan mengatasi mual-mual karena masuk angin. Selain itu, jahe juga mengandung antioksidan tinggi dan dapat digunakan sebagai bahan anti peradangan.

Artikel lain: Waktu terbaik untuk makan buah

Berikut ini adalah beberapa cara mengolah jahe untuk mendapatkan manfaatnya:

1. Membuat Teh Jahe

Teh jahe sering digunakan untuk mencegah dan juga mengobati masuk angin, selain itu rasanya juga nikmat dan menghangatkan tubuh. Cara membuat teh jahe sangat mudah, masukkan potongan jahe yang sudah dihancurkan/ digeprek dan masak bersama dengan air secukupnya hingga mendidih. Lalu tuangkan air jahe tersebut ke dalam cangkir, dan bisa ditambahkan jeruk nipis dan madu untuk menambah cita rasanya. Teh jahe akan lebih enak bila diminum selagi hangat.

2. Membuat Salad Dressing

Salad bisa ditambahkan serutan tipis jahe dan juga ditambah dengan minyak zaitun. Aroma wangi yang diberikan oleh jahe ini akan terasa lebih segar dan tentunya lebih sehat dibanding menggunakan mayonaise.

3. Sebagai Aroma Untuk Kue

Bubuk jahe sering ditambahkan dalam adonan kue kering. Ini akan membuat aroma kue yang dipanggang lebih wangi dan rasa jahenya terasa enak dilidah ketika dimakan.

4. Sebagai Taburan Soup

Salah satu bumbu dapur yang sering digunakan dalam soup adalah jahe. Selain dapat memberikan aroma yang menyegarkan, jahe juga dapat menghangatkan dan mengobati sakit tenggorokan.

5. Dibuat Acar

Tidak terlalu banyak orang yang menggunakan jahe sebagai bahan acar. Namun, dengan cara tertentu jahe juga bisa diolah menjadi acar yang bisa dinikmati bersama dengan salad dan sushi. Acar jahe akan memberikan rasa yang unik dan dapat membangkitkan energi.

6. Dibuat Sirup Jahe

Sirup jahe tidak banyak ditemukan di pasaran, tapi cara pembuatannya sebenarnya cukup mudah. Caranya, parut jahe dan ambil sarinya, lalu masak bersama dengan madu dan gula. Biarkan campuran ini hingga mengental, lalu masukkan ke dalam kemasan botol.

7. Minuman Wedang Jahe

Ini adalah minuman yang cukup populer dikalangan masyarakat kita. Cara membuatnya cukup mudah. Rebuslah potongan jahe yang sudah dibersihkan bersama dengan gula merah secukupnya. Biarkan rebusan ini hingga mendidih dan tercampur merata. Air rebusan ini bisa dinikmati hangat-hangat bersama dengan taburan kacang sangrai.

Ok sobat Sok Tau, sekian dulu penjelasan tentang manfaat jahe bagi kesehatan dan cara mengolahnya. Semoga artikel dari tim Sok Tau bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Manfaat Jahe Untuk Kesehatan, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - June 18, 2013