Tau Gak Manfaat Singkong Untuk Kesehatan Tulang dan Jantung

manfaat-singkong-jaga-kesehatan-tulang-dan-jantung

Sobat Sok Tau suka makan singkong? Kebanyakan orang Indonesia pasti suka makan singkong. Umbi ini harganya murah dan sangat mudah ditemukan di Indonesia karena banyak masyarakat kita yang suka makan singkong. Banyak orang yang menganggap singkong adalah makanan orang kampung. Namun, singkong ternyata memiliki banyak manfaat lho untuk kesehatan tubuh kita.

Berikut ini adalah beberapa manfaat singkong bagi kesehatan tulang dan jantung kita:

  • Ternyata singkong mengandung kalori yang jumlahnya dua kali lebih banyak dari kentang. Itulah sebabnya kenapa singkong bisa dijadikan makanan pokok sebagai sumber karbohidrat.
  • Tidak seperti kacang-kacangan dan sereal, singkong mengandung lemak dalam jumlah yang rendah. Namun, singkong juga mengandung protein yang jumlahnya lebih tinggi dibandingkan dengan kentang dan pisang.
  • Vitamin K sangat banyak terdapat pada singkon, itulah sebabnya singkong sangat baik untuk membangun massa tulang. Dengan makan singkong dengan teratur maka resiko terserang osteoporosis akan semakin sedikit. Selain itu, manfaat vitamin K lainnya adalah untuk membantu mengatasi kerusakan saraf di otak dan dapat membantu pengobatan penyakit Alzheimer.
  • Singkong juga mengandung vitamin B kompleks dan vitamin lainnya seperti folates, thiamin dan piridoksin atau vitamin B6, riboflavin, dan asam pantotenant.
  • Mineral yang penting untuk tubuh kita juga banyak terkandung di dalam singkong, seperti seng, magnesium, tembaga, besi, dan mangan. Singkong juga mengandung kalium yang merupakan komponen penting dalam membentuk sel tubuh dan mengatur tekanan darah.
  • Dari hasil penelitian juga ditemukan bahwa singkong dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah, menurunkan kadar trigliserida, dan sebagai sumber serat bagi tubuh. Itulah sebabnya singkong dapat menurunkan resiko penyakit jantung, kanker usus, dan stroke, serta dapat membantu mengandalikan penyakit diabetes. Namun, cara pengolahan singkong tersebut harus direbus atau dikukus.

Demikianlah penjelasan tentang manfaat singkong yang baik untuk kesehatan jantung dan tulang kita. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Manfaat Singkong Untuk Kesehatan Tulang dan Jantung, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 31, 2013