Tau Gak Misteri Dibalik Sengatan Ubur-Ubur

misteri-sengatan-ubur-ubur

Ubur-ubur adalah salah satu hewan laut yang sangat unik. Ubur-ubur terlihat sangat halus dan lembut dengan tampilan yang bening dan lunak seperti jelly, dan banyak orang yang menganggap hewan laut ini lucu dan menggemaskan. Namun, ubur-ubur ternyata memiliki sengatan yang sangat menyakitkan bahkan bisa membunuh manusia yang terkena sengatannya.

Kebanyakan orang tidak akan berani menyentuh ubur-ubur karena takut akan tersengat. Sengatan ubur-ubur ini lebih menyakitkan dari sengatan lebah. Lalu bagaimana sih cara ubur-ubur menyengat? Baca terus ya.

Artikel lain: Kenapa kita ngantuk setelah makan

Ubur-ubur memiliki tentakel di tubuhnya, dimana dalam tentakel tersebut terdapat sel yang disebut dengan nematosit. Sel nematosit tersebut akan memicu penyengat yang ada pada tentakel ubur-ubur untuk mengeluarkan zat penyengat yang disebut dengan venom, dan ini terjadi ketika hewan laut lain atau manusia menyentuh tentakelnya. Sebuah nematosit mampu mengeluarkan ratusan venom. Tentunya ini sangat berbahaya bila terkena kulit manusia.

Banyak orang yang menganggap ubur-ubur ini adalah hewan laut yang sangat berbahaya untuk manusia. Namun, tingkat bahaya sengatan ubur-ubur ini tergantung pada jenis ubur-uburnya. Ada banyak ubur-ubur yang sangat berbahaya dan bisa berakibat fatal pada manusia, tapi ada juga beberapa ubur-ubur yang tida berbahaya.

Beberapa ubur-ubur diketahui dapat menyebabkan kematian pada mahluk hidup lain, tapi biasanya tidak sampai membunuh manusia. Walaupun begitu, sengatan ubur-ubur bisa membuat manusia yang tersengat merasakan sakit yang luar biasa selama dua hari, dan ini sangat menyiksa. Bagian penyengat yang masih tertinggal di dalam tubuh bisa menyebarkan lebih banyak venom, dan akan membuat korbannya merasakan kesakitan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu meredakan sakit akibat sengatan ubur-ubur. Cara yang paling sering dilakukan adalah dengan cara menempelkan handuk yang sudah direndam air hangat dan cuka. Perlu diperhatikan, sengatan ini bisa menyebabkan infeksi, sesak nafas, dan gejala-gejalan lainnya, dan ini merupakan sengatan yang bisa berakibat fatal dan korban harus segera dibawa ke rumah sakit untuk diperiksa dokter.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai misteri di balik sengatan ubur-ubur. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Misteri Dibalik Sengatan Ubur-Ubur, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 9, 2013