Tau Gak Model Kampanye Negara Indonesia yang Terlihat Kuno

Tau Gak Model Kampanye Negara Indonesia yang Terlihat Kuno1

SepertiĀ  kita ketahui, menjelang pemilihan umum Presiden dan calon legislatif di tahun 2014 ini banyak kandidat yang melakukan beragam cara untuk mendapatkan pendukung sebanyak mungkin. Mereka tak segan-segan mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk melaksanakan kampanye. Negara Indonesia para caleg dalam melaksanakan kampanye tergolong cukup kuno. Menurut salah satu pengamat politik, mereka hanya mengandalkan pengerahan masa semata.

Tidak hanya itu, masih banyak tindakan yang sebenarnya menunjukkan sikap yang tidak cerdas. Salah satunya yaitu dengan adanya sikap saling menjelek-jelekan dan saling serang antara satu dengan yang lain. Kesempatan kampanye seharusnya dimanfaatkan oleh masing-masing partai politik atau masing-masing caleg untuk menawarkan program atau visi misi yang dimiliki.

Kebanyakan caleg tak pernah melakukan kampanye yang cerdas dan bermartabat. Kesempatan yang demikian seharusnya dilakukan dengan menyatakan gagasan sehingga masyarakat percaya dan mampu memberikan pertimbangan dari masing-masing calon. Maraknya permainan uang dalam rangka memperoleh pendukung, di Indonesia ini sudah dinilai sangat biasa.

Bahkan tak sedikit calon yang mengalami depresi ketika seusai pemilihan berlangsung karena terlalu banyaknya jumlah nominal uang yang telah mereka keluarkan namun ternyata dia tak terpilih menjadi pemimpin. Kasus yang demikian bukan hanya satu atau dua kali saja terjadi. Akan tetapi setiap pemilihan umum yang dilakukan 5 tahun sekali ini selalu saja ditemui kasus yang demikian.

Tau Gak Model Kampanye Negara Indonesia yang Terlihat Kuno

Hal lain yang tidak layak dinilai adalah beredarnya foto-foto caleg di jalanan kota yang menggunakan atribut layaknya superhero. Desain foto yang dipajang sepanjang jalanan ternyata menggunakan desain yang sangat tidak formal. Hal ini justru menimbulkan penilaian negative dari masyarakat. Sangat jelas sekali bahwa mereka benar-benar ingin mencari sensasi belaka. Negara Indonesia seharusnya berkaca dari pengalaman politik atau berkampanye dari Negara lain yang lebih cerdas.

Pelaksanaan kampanye di Negara maju memang tergolong cerdas. Fakta-fakta yang ada di Indonesia ini jarang sekali dan bahkan hampir tak pernah ditemukan di Negara maju seperti Amerika Serikat. Entah tahun atau periode pemilihan umum yang ke berapa Indonesia akan menerapkan model kampanye yang demikian.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Model Kampanye Negara Indonesia yang Terlihat Kuno, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - March 31, 2014