Tau Gak Penyakit Yang Diakibatkan Pemakaian HandPhone

penyakit-akibat-pakai-handphone

Handphone adalah salah satu perangkat komunikasi yang sangat populer saat ini. Hampir semua orang menggunakan ponsel dalam kegiatan mereka sehari-hari. Jangankan seorang pengusaha sukses, penjual bakso pun saat ini sudah punya ponsel untuk membantu proses marketingnya. Ini artinya, ponsel adalah perangkat komunikasi yang sangat penting bagi semua orang.

Ponsel membuat banyak pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat karena komunikasi menjadi lebih mudah. Namun, ponsel juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan manusia. Setiap orang yang memiliki handphone wajib mengetahui dan mewaspadai penyakit yang bisa diakibatkan oleh penggunaan handphone.

Artikel lain: Penyakit yang sering mengganggu saat puasa

Berikut ini adalah beberapa masalah yang bisa ditimbulkan oleh penggunaan handphone:

1. Penyakit kanker

Para pengguna ponsel yang aktif selama bertahun-tahun punya resiko terserang penyakit kanker. Seperti yang pernah dilaporkan oleh International Agency for Research on Cancer, penderita kanker otak mengalami peningkatan setiap tahunnya. Diperkirakan frekuensi elektromagnetik dari handphone bisa memicu pertumbuhan sel kanker di tubuh manusia.

2. Menurunkan jumlah sperma

Menurut penelitian para ahli selama bertahun-tahun mengatakan bahwa pria yang sering menyimpan ponsel mereka di kantung celana atau di sekitar pinggang mengalami penurunan jumlah sperma. Selain itu, hal ini juga mempengaruhi kualitas sperma yang hidup dan yang masih aktif.

3. Sindrom nyeri pergelangan tangan

Mereka yang setiap hari sering beraktivitas dengan menggunakan handphone lebih dari 3 jam sehari biasanya mengalami masalah ini. Apabila tidak segera ditangani akan menimbulkan rasa nyeri di pergelangan yang sangat menggangu.

4. Tinggi tingkat kecelakaan

Pemakaian ponsel saat berkendara juga seringkali mengakibatkan terjadinya kecelakaan. Selain pengendara mobil, para pengendara sepeda motor juga sering menggunakan ponsel ketika mereka sedang berkendara. Kegiatan menggunakan ponsel sambil berkendara dapat mengganggu konsentrasi si pengendara yang berujung pada kecelakaan.

5. Masalah Nomophobia

Kalau kamu belum tahu, Nomophobia itu adalaah perasaan gelisah yang ditimbulkan ketika baterai ponsel hampir habis atau ponsel tidak ada jaringan. Menurut MGM Medical College mengatakan bahwa Nomophobia ini sudah banyak menjangkit para pengguna ponsel saat ini.

6. Masalah Nyeri leher

Para pengguna ponsel sering mangalami masalah pada punggung dan leher mereka bahkan rasa nyeri ini bisa menjadi sakit kepala yang sangat mengganggu. Postur tubuh yang salah ketika orang mengetik di ponsel mereka adalah penyebab masalah ini. Selain masalah pada leher dan punggung, banyak juga pengguna ponsel yang mengalami masalah penglihatan.

Demikianlah penjelasan singkat tentang penyakit yang diakibatkan pemakaian handphone. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Penyakit Yang Diakibatkan Pemakaian HandPhone, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 12, 2013