Tau Gak Penyakit Yang Sering Menggangu Saat Puasa

penyakit-yang-biasa-mengganggu-saat-puasa

Godaan yang sulit dihadapi ketika sedang berpuasa adalah rasa sakit. Gangguan rasa sakit ini membuat tubuh jadi lemas dan kadang membuat kita membatalkan puasa hari itu.

Menjaga tubuh tetap fit adalah kunci keberhasilan dalam menghadapi bulan puasa. Selain itu, pelajari juga tentang beberapa penyakit yang sering muncul di bulan puasa dan cara pencegahannya. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang sering muncul di bulan puasa:

1. Sakit sembelit

Masalah sembelit seringkali dialami beberapa orang selama mereka berpuasa. Hal ini bisa menimbulkan masalah yang lebih besar jika tidak segera diatasi, yaitu penyakit ambeienm rasa nyeri di saluran pencernaaan dan membuat perut kembung.

Cara pencegahan:

Penyebab masalah ini adalah kurangnya asupan air dan juga kurangnya makanan yang mengandung serat. Untuk mencegahnya, ketika kamu berbuka puasa, sebaiknya makan menu yang banyak mengandung serat dan juga minum air putih secukupnya.

2. Tekanan darah rendah

Ketika kita mengalami masalah tekanan darah rendah tubuh akan merasa lemas, letih, lesu, dan berkeringat. Terkadang kita akan merasakan pusing ketika bangun, atau sedang duduk. Mereka yang mengalami masalah ini biasanya wajahnya cendrung pucat, dan jika tidak segera ditangani maka bisa membuat orang tersebut pingsan.

Cara pencegahan:

Perbanyak mengkonsumsi cairan dan makanan yang mengandung garam ketika kamu berbuka puasa.

3. Sakit kepala

Sakit kepala atau pusing sering terjadi pada mereka yang sedang berpuasa. Hal ini bisa terjadi karena rutinitas mereka cukup banyak dan membutuhkan banyak tenaga, udara panas, menahan rasa ngantuk, serta kurangnya asupan oksigen ke otak.

Cara pencegahan:

Sebaiknya kurangi merokok, kurangi minum kopi, dan atur jam tidur sebaik mungkin.

4. Gula darah rendah

Orang yang mengalami masalah gula darah rendah biasanya konsentrasinya akan buruk, tubuhnya mudah lelah, dan mengalami sakit kepala saat berktifitas. Jika masalah ini kamu alami, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan apakah kamu menderita diabetes. Jika kamu tidak menderita diabetes maka pencegahan masalah gula darah rendah bisa dilakukan dengan cara di bawah ini.

Cara pencegahan:

Jaga keseimbangan gula darah dalam tubuh dengan mengurangi makanan yang terlalu manis. Terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat atau makanan manis saat sahur bisa menyebabkan turunnya gula darah dan memproduksi insulin lebih banyak.

5. Sakit Maag

Sakit maag adalah salah satu penyakit yang sering dialami oleh orang yang menjalankan ibadah puasa. Penyakit ini sangat mengganggu orang yang mengalaminya sehingga aktifitasnya bisa berantakan. Bagaimana cara mengatasi masalah ini ketika kamu sedang berpuasa? Cara terbaik adalah dengan cara mencegahnya.

Cara pencegahan:

Perbanyak mengkonsumsi makanan berserat. Kunyahlah makanan yang kamu makan saat berbuka sebanyak 32 kali kunyah, ini untuk menghaluskannya dan membantu kerja sistem pencernaan kamu. Ketika kamu berbuka, sebaiknya di awali dengan minum air hangat dan bukan minuman manis agar perut yang kosong tidak kaget. Makanlah obat maag ketika sahur atau saat berbuka sesuai yang dianjurkan oleh dokter sehingga aktifitas kamu tidak mengalami gangguan.

Demikianlah penjelasan singkat tentang penyakit yang sering mengganggu saat bulan puasa. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Penyakit Yang Sering Menggangu Saat Puasa, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 11, 2013