Tau Gak Penyebab Hidung Mimisan

hidung-mimisan

Sobat Sok Tau pernah mimisan? Ada banyak orang yang pernah mengalami mimisan, dan terkadang orang menganggap mimisan sebagai tanda sebuah penyakit yang berbahaya. Mimisan atau nasal hemorrhage adalah sebuah kondisi dimana pembuluh darah yang berkumpul di sekitar hidung mengalami sebuah masalah, misalnya alergi, terluka, atau beberapa kondisi yang lain yang membuat darah keluar lewat lubang hidung.

Berikut ini adalah beberapa penyebab mimisan yang terjadi pada banyak orang:

Artikel lain: Bahaya kalau terlalu gemuk

1. Perubahan Cuaca Yang Ekstrim

Perubahan cuaca yang ekstrim ternyata bisa menyebabkan mimisan pada seseorang. Orang yang tidak tahan terhadap perubahan cuaca yang ekstrim mengalami kekeringan di dalam hidung mereka dan menyebabkan iritasi, inilah kemudian yang dapat memicu terjadinya mimisan.

2. Saat Sakit Flu

Biasanya orang ingin membuang ingusnya dari hidung ketika mereka sedang flu. Ketika mereka membuang ingus terlalu sering, ini bisa menyebabkan terjadinya luka dalam hidung yang kemudian bisa menyebabkan mimisan. Karena itu, sangat disarankan untuk tidak membuang ingus teralu keras ketika sedang flu.

3. Ketika Alergi

Ada beberapa kasus nasal hemorrhage terjadi karena reaksi alergi terhadap sesuatu. Ini terjadi karena pembuluh darah kapiler terbuka menyemprotkan sedikit darah dari dalam tubuh lalu mengalirkan darah itu lewat hidung.

4. Sinus

Penderita sinus bisa juga mengalami mimisan. Bila darah yang keluar dari hidung penderita sinus mengeluarkan aroma tidak sedap dan berwarna gelap, sebaiknya segera memberikan pertolongan pertama dan membawanya ke dokter terdekat. Kondisi ini adalah indikasi adanya infeksi atau tumor pada hidung.

[youtube id=”osa-2YaQFZM” width=”620″ height=”360″]

5. Tekanan Darah Naik

Ibu hamil bisa mengalami mimisan karena biasanya tekanan darah merka naik. Bila kondisi ini terjadi sebaiknya segera berkonsultasi pada dokter agar tidak terjadi masalah yang lebih besar yang mencemaskan. Selain ibu hamil, wanita tidak hamil dan pria yang punya tekanan darah tinggi juga sering mengalami mimisan

6. Karena Kondisi Kesehatan Tertentu

Salah satu kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan mimisan adalah penyakit leukimia. Saat ini sudah ada obat yang bisa mengatasi dan mengendalikan mimisan pada penderita leukimia. Namun, bila mimisan yang terjadi disertai muntah darah, segeralah membawa pasien ke rumah sakit atau dokter terdekat.

Ok sobat Sok Tau, sekian dulu informasi tentang penyebab hidung mimisan. Semoga artikel dari tim Sok Tau bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Penyebab Hidung Mimisan, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - June 4, 2013