Tau Gak Penyebab Mata Juling

mata-juling

Sobat Sok Tau pernah liat orang yang matanya juling? Mata yang arahnya tidak simetris ini tentunya akan membuat penampilan seorang jadi kurang menarik. Selain itu, lawan bicara mereka biasanya akan merasa risih dan kurang nyaman karena merasa bingung dengan arah pandangannya. Kamu tau gak apa yang menyebabkan mata juling? Baca terus artikel ini untuk mengetahuinya.

Tiap-tiap penderita mata juling berbeda penyebabnya. Dan untuk mengetahui penyebabnya secara pasti, harus melalui pemeriksaan dokter ahli. Pemeriksaa ini meliputi fisiologi, anantomi mata, dan pemeriksaan apakah penderita mata juling itu mengidap suatu penyakit.

Artikel lain: Kenapa tubuh kita berkeringat

Banyak kasus mata juling disebabkan oleh otot dan saraf mata yang bermasalah. Perlu sobat Sok Tau ketahui, kita membutuhkan otot untuk menggerakkan bola mata kita. Otot mata ini terdiri dari 6 macam otot mata. Nah, mata orang normal dan berfungsi seimbang memiliki 6 otot mata yang normal, dan ini tergantung dari panjang/ pendek, tebal/ tipis, dan berfungsi/ tidaknya saraf-saraf mata orang tersebut. Penderita mata juling bisa disebabkan karena otot atau saraf mata tidak normal.

Penyebab lain mata juling adalah karena gangguna ketajaman pengelihatan yang signifikan pada kedua matanya. Contohnya, mata kirinya -2 (minus dua), sedangkan mata kanan -10 (minus sepulu) atau lebih. Nah, perbedaan ketajaman penglihatan yang sanga jauh ini dapat membuat mata seseorang menjadi juling. Toleransi untuk perbedaan ketajaman antara kedua mata kita adalah maksimal 3, lebih dari itu akan beresikon menyebabkan mata juling.

Selain itu, mata juling juga bisa disebabkan oleh kemunduran penglihatan yang disebut dengan ampbliopia atau lazy eyes (mata malas). Kelainan mata ini disebabkan karean salah satu mata memiliki ketajaman mata (visus) yang rendah dan tidak bisa diperbaiki lagi karena dibiarkan terlalu lama. Hal ini akhirnya akan mengakibatkan penglihatan orang tersebut didominasi oleh mata yang sehat.

Yang terakhir, mata juling juga bisa disebabkan oleh penyakit sistemik yang berhubungan dengan otak. Beberapa jenis penyakit sistemik yang berhubungan dengan otak, antara lain; hipertiroid dan diabetes mellitus, penyumbatan atau bahkan pecahnya pembuluh dara otak (stroke), pendarahan atau kelainan darah, dan gangguan metabolisme seperti kolesterol tinggi. Selain itu, munculnya tumor jinak/ ganas yang berhubungan dengan saraf dan otot mata juga bisa menyebabkan mata juling.

Ok sobat Sok Tau, sekian dulu penjelasan tentang beberapa penyebab terjadinya mata juling. Semoga artikel dari tim Sok Tau bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Penyebab Mata Juling, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - June 5, 2013