Tau Gak Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

penyebab-rambut-rontok-dan-cara-mengatasinya

 

Sobat Sok Tau pasti pernah mengalami rambut rontok. Rambut rontok dengan jumlah 60 – 100 helai per hari masih masuk dalam kategori wajar. Jika jumlahnya lebih dari itu maka kamu harus waspada karena bisa menjadi awal kebotakan.

Penyebab Rambu Rontok

Apa yang menyebabkan rambut rontok? Menurut seorang ahli kesehatan rambut, wanita yang mengalami kerontokan rambut, 80% – 90% adalah karena faktor keturunan atau genetik. Namun, tidak menutup kemungkinan penyebab kerontokan karena hal lainnya, diantaranya:

  • Ada masalah pada kelenjar tiroid
  • Adanya perubaha hormon, misalnya pada saat hamil
  • Karena efek samping obat-obatan
  • Karena stress
  • Karena bertambahnya usia
  • Kekurangan zat besi
  • Perawatan rambut yang tidak cocok

Menurut Dr. Robert, seorang ahli kesehatan rambut, kebanyakan wanita telah kehilangan 25% rambutnya sebelum mereka benar-benar menyadari bahwa mereka telah mengalami masalah kebotakan. Periksalah tingkat kerontokan rambut kamu, jangan sampai menunjukkan gejala kebotakan baru melakukan perawatan yang intensif.

Mengatasi Rambut Rontok

Sebelum mengatasi masalah kerontokan rambut, akan lebih baik bila kita mengetahui terlebih dahulu penyebab kerontokan tersebut. Hair tonik bukanlah solusi untuk setiap kerontokan rambut yang terjadi. Ada baiknya kamu berkonsultasi dengan dokter ahli kesehatan rambut terlebih dahulu sebelum mencoba produk kosmetik rambut.

Untuk membantu mengatasi kerontokan rambut, kita bisa melakukan upaya dari dalam tubuh kita dengan mengkonsumsi bahan makanan yang banyak mengandung vitamin B12 atau suplemen lainnya yang mengandung zat besi. Hindari memperlakukan rambut kamu dengan kasar, misalnya mengikat atau menggulungnya terlalu ketat karena bisa mengakibatkan rambut stress dan rontok. Selain itu, jangan melakukan ekstensi rambut saat rambut kamu sedang bermasalah dengan kerontokan karena akan semakin memperburuk kondisi rambut kamu.

Demikianlah penjelasan tentang penyebab rambut rontok dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 31, 2013