Tau Gak Penyebab Terbentuknya Karang Gigi

penyebab-terbentuknya-karang-gigi

Makan manisan, permen, dan berbagai jenis makanan manis lainnya memang menyenangkan. Gula dapat memberikan perasaan senang pada seseorang, tapi konsumsi yang berlebihan akan membawa masalah bagi kesehatan dan penampilan. Mengapa bisa seperti itu?

Gula merupakan penyebab utama karang gigi dan noda pada gigi. Karbohidrat dan gula mengalami metabolisme menjadi zat asam di dalam mulut kita, dan saat inilah karang gigi mulai terbentuk. Dentin dan enamel gigi akan terkikis oleh zat asam.  Bakteri kemudian membuat gula meninggalkan noda pada gigi, dan dapat mengurangi fungsi air ludah dalam menetralkan asam dalam mulut.

Artikel lain: Manfaat menyikat gigi sebelum tidur

Gulali yang dibuat dari karamel adalah salah satu musuh utama bagi gigi kita. Karamel mudah lengket dan menempel dengan kuat di gigi. Bakteri akan mendapat karbohidrat dari gula dan akan terus menggerogoti gigi kita. Jika dibiarkan, hal ini akan membuat gigi kita keropos dan rusak.

Minuman botol ataupun minuman kaleng juga dapat menimbulkan karang gigi, namun tidak separah permen atau karamel. Kita perlu membatasi minuman kalengan yang mengandung gula karena dapat merusak kesehatan gigi dan mulut.

Selain itu, makanan yang kita konsumsi sehari-hari juga bisa memicu karang gigi atau plak. Makanan yang mengandung zat pati seperti nasi dan roti mengandung karbohidrat tinggi dan dapat memicu terjadinya karang gigi bila tidak dibersihkan dari rongga mulut. Sebaiknya sikat gigi setelah mengkonsumsi makanan yang manis-manis.

Demikianlah penjelasan singkat tentang penyebab terbentuknya karang gigi. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Penyebab Terbentuknya Karang Gigi, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - January 8, 2014