Tau Gak Penyebab Terjadinya Guruh

petir

Guruh atau yang sering kita sebut dengan geledek adalah sebuah gelombang kejut suara yang terjadi akibat pemasan dan pemuaian udara. Proses pemanasan dan pemuaian udara tersebut terjadi sangat cepat dan biasanya disertai dengan kilat atau petir.

Sambaran atau tangkapan kilat tersebut menyebabkan guruh dan membuat udara disekitarnya menjadi berubah bentuk. Udara berubah menjadi gas dengan bagian tertentu dari plasma yang kemudian mengalami ledakan.

Artikel lain: Kenapa pelangi berwarna-warni

Peristiwa alam ini (guruh) terjadi bersamaan dengan terjadinya kilat atau petir. Kilat atau petir lebih dahulu terlihat lalu disertai suara guruh. Perbedaan waktu antara kilat dan cahaya kita sadari karenakecepatan  cahaya lebih cepat dibandingkan dengan kecepatan rambat suara. Kecepatan cahaya = 186.000 mil/299.338 km/detik, sedangan kecepatan suara = 700 mil/1.126 km/jam (tergantung kelembapan, temperatur serta tekanan udara).

Aristoteles pernah mengeluarkan sebuah teori tentang terjadinya guruh. Filsuf Yunani ini mengatakan bahwa guruh muncul karena awan yang bertabrakan. Penenilti ilmiah telah melakukan studi tentang penyebab terjadinya guruh, dan banyak spekulasi yang terjadi pada saat penelitian tersebut. Kemudian muncul teori-teori baru lainnya yang menjelaskan tentang terjadinya guruh.

Pada abad 20, para peneliti menyimpulkan sebuah kesepakatan dari banyak spekulasi ilmu pengetahuan bahwa proses terjadinya guruh disebabkan oleh adanya gelombang kejut suara. Gelombang kejut suara ini terjadi karena pemanasan dan pemuaian udara yang sangat cepat pada saat dilalui oleh tangkapan kilat atau petir.

Demikianlah penjelasan singkat penyebab terjadinya guruh. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Penyebab Terjadinya Guruh, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - December 11, 2013