Tau Gak Rahasia Peralatan Masak Anti Lengket

peralatan-masak-anti-lengket

Kamu pernah memasak dengan menggunakan peralatan masak anti lengket? Pasti sering ya. Sebelum munculnya peralatan masak anti lengket, pekerjaan memasak terkadang menjengkelkan karena makanan sering lengket di peralatan masak dan merusak tekstur makanan tersebut.

Untungnya sekarang kita sudah bisa menggunakan berbagai alat masak yang anti lengket. Masak apapun sudah tidak lengket lagi, misalnya masak telur, masak nasi, dan lain-lain. Kegiatan memasak menjadi lebih menyenangkan dan bisa berkreasi dengan makanan yang kita masak. Tapi, kenapa ya peralatan masak ini bisa anti lengket? Apa rahasianya?

Artikel lain: Kenapa anjing suka menggigit tulang

Sebelumnya, kita harus tahu dulu kenapa makanan bisa lengket di perlatan masak. Secara teori kimia, bahan-bahan yang lengket ke bahan lainnya bisa terjadi karena adanya tarik-menarik antar molekul dari kedua bahan tersebut. Tingkat kelengketannya dipengaruhi oleh faktor mekanis kedua bahan.

Selain itu, beberapa bahan makanan biasanya akan mengerut jika dipanaskan. Nah, proses saat makanan tersebut mengerut itulah bahan makanan mencengkram permukaan alat memasak yang permukaannya agak kasar. Inilah yang sangat mempengaruhi tingkat kelengketan bahan makanan pada alat masak. Salah satu bahan makanan yang sangat mudah lengket ke alat masak adalah telur.

Peralatan masak anti lengket tersebut dilapisi dengan suatu bahan khusus yang disebut dengan politetraflouroetilena (PTFE). Bahasa awamnya sering kita sebut dengan teflon. Bahan ini memiliki sifat yang sangat unik, yaitu menolak molekul apapun yang dimilikinya.

Atom flour merupakan atom yang tidak mau bereaksi dengan molekul lain jika sudah terdapat ikatan dengan atom karbon. Sedangkan atom flour ini terikat dengan atom karbon. Itulah sebabnya bahan teflon sangat sulit untuk menarik molekul apapun. Selain itu, permukaan lapisan teflon juga dibuat sangat halus dan rata yang akan mengurangi kelengketan bahan makanan saat bahan makanan mencoba mencengkram permukaan alat masak tersebut.

Demikianlah penjelasan singkat kenapa peralatan masak bisa anti lengket. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Rahasia Peralatan Masak Anti Lengket, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - September 24, 2013