Tau Gak Sandal Bakiak Semakin Punah Lho!

Tau Gak Sandal Bakiak Semakin Punah Lho!1

Sandal bakiak adalah salah satu jenis sandal yang terbuat dari batang kayu tebal dengan balutan karet depan sebagai slop. Dulu masyarakat Indonesia khususnya daerah Jawa memang seringkali terlihat menggunakan sandal bakiak ini. Namun semakin berkembangnya jaman, banyak sekali orang yang mulai meninggalkan kegunaan alas kaki ini.

Mereka lebih tertarik dengan menggunakan sandal modern buatan pabrik. Masyarakat lebih menyukai sandal-sandal model terbaru dengan banyak sekali jenis dan modelnya. Mulai dari yang elegan sampai dengan yang berharga sangat mahal. Sandal bakiak ini mulai ditinggalkan bahkan keberadaannya sudah semakin punah.

Hanya beberapa kalangan orang saja yang tetap menggunakan sandal ini. Biasanya terdapat dalam pondok. Para santri biasanya lebih menggunakan sandal bakiak dibandingkan dengan sandal karet buatan pabrik. Hal ini memang dianggap lebih memudahkan mereka dimana tidak mudah rusak apabila terkena dengan air. Tahan panas dan pastinya tidak mudah bolong. Namun sayangnya masih sedikit sekali orang yang melestarikan sandal ini.

Kami yakin anda sudah jarang sekali memakai sandal bakiak ini. Sandal bakiak memang hampir punah, hanya ada di pasar-pasar tradisional saja. Dan hanya orang-orang tertentu saja yang membelinya. Jika anda ingin mendapatkan sandal bakiak ini maka anda harus bersusah payah untuk mendapatkannya. Harganya memang murah namun minat dari masyarakat untuk membeli sangat sedikit.

Harga yang ditawarkan untuk tiap pasang sandal bakiak adalah hanya berkisar Rp 10.000 ribu rupiah saja. Tentu saja ini kalah saing dengan harga sandal karet yang jauh lebih murah dari sandal bakiak. Keberadaan sandal bakiak yang semakin punah memang harus menjadi perhatian tersendiri. Hal ini harus diupayakan lagi untuk melakukan perubahan dan pelestarian kembali. Boleh saja masyarakat lebih mengikuti  kehidupan modern.

Namun mereka harus tetap mengupayakan untuk pembenahan terhadap minat pemakaian dari sandal tradisional tersebut. Semoga info yang kami berikan ini dapat bermanfaat bagi anda. Jika anda sudah melupakan sandal bakiak maka anda perlu untuk melestarikannya kembali. Jangan sampai warisan budaya ini hanya akan membuat anda kehilangan berbagai budaya yang luhur.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Sandal Bakiak Semakin Punah Lho!, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - April 28, 2014