Tau Gak Sejarah Unik Pulau Tidung

Tau Gak Sejarah Unik  Pulau Tidung

Sejarah singkat tentang Pulau Tidung  merupakan pulau terbesar dari pulau- pulau di kepulauan seribu. Kenapa disebut dengan Pulau Tidung inilah cerita singkat tentang pulau ini. Dahulu kala ada seorang Raja suku Tidung  yang berasal dari Kalimantan timur yang diusir oleh colonial belanda pada jaman penjajah karena beliau tidak mau untuk diajak bekerjasama.

Raja tersebut bernama Raja Pandita atau lebih dikenal dengan sebutan Kaca setelah ia diusir dari tanah tidung beliau melanglang buana sampai ke Jepara kemudian  beliau hijrah hingga sampai disebuah pulau yang sampai sekarang ini dikenal dengan sebutan Pulau tidung. Dari sekian ratus tahun tidak ada satu orang pun masyarakat Pulau tidung mengetahui bahwa orang dikenal dengan sebutan Kaca itu adalah seorang Raja dari Kalimantan timur.

Tidak pernah diketahui jika beliau merupakan seorang Raja karena, selama singgah di Pulau tidung beliau tidak pernah membawa gelarnya sebagai seorang raja beliau hanya dikenal akrab dengan sebutan “Kaca”. Hingga beliau menghembuskan nafas terakhirnya tetap dikenal dengan sebutan Kaca sehingga dikenal sebagai masyarakat biasa yang tidak berbeda dengan masyarakat yang lainnya.

Suatu hari ada sekelompok keluarga Raja Pandita dari Kalimantan datang ke Pulau ini mereka bertanya–Tanya dan mencari tahu mengapa pulau ini disebut dengan pulau tidung. Setelah keluarga Raja Pandita dari Kalimantan Timur bertemu dengan keluarga Kaca di Pulau Tidung mereka bersingkat cerita ketika keluarga Kaca bertanya kepada keluarga Raja Pandita bahwa Kaca adalah nama kecil Raja Pandita sebelum beliau diangkat menjadi raja.

Hingga pada akhirnya kedua keluarga tersebut mengambil sebuah keputusan bahwa, Pulau Tidung dinamai dari Raja Pandita. Dimana Raja tersebut yang berasal dari tanah tidung provinsi Kalimantan Timur.

Sekarang Pulau Tidung menjadi pusat Kecamatan Kepulauan seribu yang membawahi tiga Kelurahan antara lain Kelurahan Pulau Pari Kelurahan Pulau Untung Jawa dan Kelurahan Pulau Tidung. Selain sejarahnya yang unik pulau ini menyimpan sejuta panorama keindahan alam dimana akan membuat para pengunjung selalu terkagum–kagum.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Sejarah Unik Pulau Tidung, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - May 11, 2014