Tau Gak Siapa Yang Menciptakan Jarum Peniti

jarum-peniti

Sobat Sok Tau pasti pernah melihat jarum peniti. Jarum ini dulu sering digunakan untuk memperkuat popok bayi agar tidak terlepas, tapi sekarang sudah tidak digunakan untuk popok bayi karena sudah ada pampers. Selain itu, jarum peniti sering digunakan juga oleh orang dewasa untuk menjepit dua sisi kain agar menempel. Lalu, siapa sih yang pertama kali menemukan jarum peniti ini?

Jarum peniti atau dalam bahasa Inggris-nya disebut dengan safety pin pertama kali ditemukan oleh Walter Hunt. Dia adalah seorang yang berasal dari Amerika Serikat. Pada waktu itu, Walter Hunt sedang mengalami masalah keuangan dan mempunyai hutang pada seorang teman sebesar US $15.

Artikel lainnya: Kenapa keju berwarna kuning

Waktu itu Walter punya keterampilan, dan dia memilin potongan kawat hingga berbentuk seperti peniti. Pada jaman itu, jarum peniti digunakan untuk menyematkan kain yang tidak ada kancingnya. Lalu Hunt menjual hak paten penemuannya itu sebesar US $400 kepada W. R. Grace and Company, kemudian dia membayar hutangnya pada temannya. Tentu saja dia masih memiliki banyak uang dari hasil penjualan hak paten penemuannya itu.

Untuk jarum peniti hasil penemuannya itu, Walter Hunt diberikan US Patent nomor 6.2181 pada 10 April 1849. Peniti yang dirancang oleh Walter Hunt adalah yang pertama dimana modelnya berbentuk pengait dan pada ujungnya terdapat pengaman untuk mencegah jari-jari tangan tertusuk bagian tajam kawat yang dibuatnya. Itulah alasan kenapa penemuannya ini disebut dengan safety pin.

Namun, keuntungan justru didapatkan oleh W. R. Grace and Company karena telah menghasilkan jutaan dollar dari penemuannya itu. Sementara Hunt hanya mendapat US $400 setelah dia menjualnya pada perusahaan itu.

Demikianlah penjelasan singkat tentang penemu peniti. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Siapa Yang Menciptakan Jarum Peniti, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 3, 2013