Tau Gak Tanda-Tanda Anda Olahraga Berlebihan

olahraga-pagi

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang sangat baik bagi kesehatan kita. Selain dapat menjaga kebugaran tubuh nyatanya rajin berolahraga bisa menghindarkan kita dari serangan beberapa jenis penyakit.

Namun yang banyak tidak disadari orang adalah berolahraga juga ada batasannya. Dan jika anda sudah melebihi batas aman berolahraga, bukan tubuh bugar yang anda dapatkan melainkan ancaman masalah kesehatan serius yang bisa terjadi pada tubuh anda.

Baca juga : Tau Gak Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Berolahraga

Menurut beberapa ahli medis menyarankan bahwa waktu yang paling pas untuk anda berolah raga adalah sekitar 30 menit saja perharinya. Itu sudah sangat cukup jika anda bisa menjalankannya dengan benar dan teratur.

Namun sebaliknya jika waktu olahraga anda sudah berlebihan beberapa dampak negative dapat menyerang tubuh anda. Seperti contohnya melemahnya daya kekebalan tubuh serta makin besarnya ada terkena resiko cidera saat berolahraa.

Untuk mengetahui kapan anda harus membatasi olahraga anda, berikut tanda-tandanya.

1. Lelah yang berlebihan

Tanda ini sangat nampak saat anda olahraga secara berlebihan. Ciri yang mudah diamati adalah adanya rasa kelelahan yang amat sangat dan membuat kita sangat mengantuk dan ingin tidur setelah berolahraga.

2. Serangan Penyakit

Tanda kedua adalah kemungkinan serangan beberapa macam penyakit jika anda berolahraga secara berlebihan. Ketika tubuh terlalu lelah dan kehabisan energi maka sistem kekebalan tubuh akan melemah. Salah satu penyakit yang sangat mudah menyerang dan dijadikan tanda adalah penyakit flu

3. Detak Jantung Meningkat

Ciri berikutnya adalah manakala jantung anda berdetak lebih cepat melebihi detak normal seperti biasanya. Detak jantung yang makin cepat dan tidak terkontrol merupakan tanda bagi tubuh anda harus segera diistirahatkan.

4. Kaki Terasa Sulit Digerakkan

Kaki bisa menjadi pertanda apakah olahraga yang anda lakukan masih normal atau sudah melampaui batasnya. Meskipun anda sudah melakukan pemanasan sebelum berolahraga, namun rasa berat di kaki tetap akan muncul saat tubuh anda dipaksa beraktivitas diluar kemampuannya.

Segera istirahatkan tubuh dan secara bertahap kurangi porsi olahraga anda ketika tanda-tanda tersebut sudah muncul. Ingat mencegah selalu lebih baik dari pada mengobati.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Tanda-Tanda Anda Olahraga Berlebihan, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - February 28, 2014