Tau Gak Tanda-Tanda Kamu Alergi Pada Kosmetik

tanda-kamu-alergi-pada-kosmetik

Seringkali orang tidak sadar bahwa dirinya alergi pada kosmetik tertentu. Dan ketika dia mulai menyadarinya, kondisi kulit sudah cukup parah dan mengalami peradangan. Hal ini bisa saja terjadi pada siapa saja jika kita kurang memperhatikan tanda-tandanya.

Reaksi tubuh terhadap kosmetik yang kita gunakan sebenarnya bisa kita kehatui sejak dini. Merk terkenal tidak menjamin kulit kita tidak mengalami alergi, karena itu perhatikan tanda-tandanya agar bisa segera mengatasi masalahnya.

Artikel lain: Makanan penyebab jerawat

1. Kemerahan

Tanda kemerahan adalah tanda pertama yang sering muncul ketika kulit alergi pada sebuah kosmetik. Biasanya reaksi tersebut akan muncul tidak lama setelah menggunakan kosmetik tersebut. Jika tanda-tanda tersebut terjadi, ini berarti kandungan yang terdapat pada kosmetik tersebut tidak cocok dengan kamu, hentikan penggunaannya untuk menghindari akibat yang lebih buruk.

2. Bengkak

Biasanya ini terjadi ketika mengaplikasikan kosmetik pada area kelopak mata. Misalnya eyeshadow, eyeliner, atau maskara, bahan yang tidak cocok dengan kulit akan membuat bagian kulit di sekitar mata akan bengkak. Selain itu, bengkak juga bisa muncul pada bagian lain, misalnya pipi, ketika menggunakan kosmetik yang tidak cocok dengan jenis kulit kamu.

3. Problem pada mata

Reaksi ini biasanya terjadi ketika kita menggunakan produk maskara dan eyeliner yang tidak cocok. Rasa gatal yang melanda, kemudian timbul tanda kemerahan, membuat sering mengeluarkan air mata, bahkan kelopak mata terasa lebih tebal. Pada kondisi tertentu, kamu bisa mengalami sakit kepala dan sensitif pada cahaya lampu.

Apa yang harus dilakukan jika mengalami alergi demikian?

  • Langkah pertama, hentikan penggunakan produk dan ketahui bahan kosmetik yang menyebabkan alergi
  • Jangan pernah membeli produk kosmetik yang palsu karena bisa mengakibatkan kamu mengalami masalah seperti yang disebutkan di atas.
  • Jangan lupa untuk membersihkan wajah sebelum dan sesudah menggunakan makeup.
  • Rutin mengganti alat makeup setidaknya 6 bulan sekali dan membersihkannya seminggu sekali
  • Jangan menggaruk atau menggosok bagian tubuh yang mengalami alergi
  • Jika alergi tidak hilang selama 2 hari maka sebaiknya kamu segera menemui dokter

Demikianlah penjelasan singkat tentang tanda-tanda alergi pada kosmetik. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Tanda-Tanda Kamu Alergi Pada Kosmetik, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - September 20, 2013