Tau Gak Tanda-Tanda Wanita Sedang Dalam Masa Subur

tanda-tanda-wanita-sedang-dalam-masa-subur

Ketika wanita masuk pada masa subur, saat itulah sel telur dilepaskan dari ovariumnya. Sel telur yang dalam keadaan sudah matang menunggu dibuahi oleh sel sperma. Jika sel telur tersebut tidak dibuahi maka dia akan terlepas dari rahim wanita dan terbuang melalui tuba falopi, ini yang sering kita sebut dengan proses menstruasi.

Biasanya masa subur wanita terjadi saat 12 – 16 hari sejak pertama kali menstruasi. Pada saat masa subur ini, ada beberapa tanda yang bisa kita perhatikan. Berikut ini adalah beberapa tanda yang terjadi pada saat wanita sedang dalam masa subur:

Artikel lain: Buah nanas dapat mencegah kanker

1. Perubahan tekstur dan warna lendir

Biasanya, setiap bulan wanita mengeluarkan lendir seperti keputihan. Pada saat masa subur, lendir ini biasanya akan lebih banyak jumlahnya, dan tekstrunya juga mengalami perubahan. Ini terjadi karena tubuh wanita bereaksi saat hormon estrogen meningkat dalam tubuh.

Fungsi dari lendir ini sebenarnya adalah untuk membantu sel sperma agar lebih mudah masuk ke dalam rahim dengan cepat dan aman. Jika hubungan intim dilakukan pada masa subur, maka kehamilan akan lebih mudah terjadi.

2. Peningkatan suhu tubuh

Pada saat masa subur, suhu tubuh wanita biasanya mengalami peningkatan, biasa disebut dengan suhu basal. Dan setiap wanita memiliki suhu basa yang berbeda. Cara yang biasa dilakukan untuk mengetahuinya adalah dengan mengukur temperatur pada hari biasa dan saat sebelum menstruasi. Saat masa subur adalah ketika suhu tubuh tertinggi dalam satu bulannya.

3. Perut bagian bawah agak nyeri

Pertu bagian bawah wanita akan terasa tidak nyaman dan nyeri pada saat sedang menstruasi. Sebelum menstruasi, rasa nyeri seperti ini juga kadang terasa, saat itulah seorang wanita sedang dalam masa subur. Rasa nyeri diakibatkan oleh aktivitas sel telur meningkat.

Namun, untuk mengetahui masa subur seorang wanita, kita juga bisa menggunakan peralatan yang kini sudah dijual di apotik dengan harga yang terjangkau, sekitar Rp 200ribu – Rp 500ribu. Tapi bila kamu ingin menghemat pengeluaran, maka kamu bisa mencatat setiap tanggal perubahan yang kamu rasakan. Perhatikan juga warna lendir dan suhu tubuh, ini akan sangat memudahkan jika kamu merencanakan kehamilan.

Demikianlah penjelasan singkat tentang tanda-tanda wanita sedang dalam masa subur. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Tanda-Tanda Wanita Sedang Dalam Masa Subur, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - October 15, 2013