Tau Gak Tanda Terlalu Banyak Zat Besi

tanda-terlalu-banyak-zat-besi

Zat besi adalah salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk membantu mengedarkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh melelui darah kita. Walaupun zat ini sangat penting, jika jumlahnya terlalu banyak akan memberikan masalah bagi kesehatan lho.

Jika kita membiarkan kondisi kelebihan zat besi secara teur menerus, maka akan membuat tubuh kita mengalami masalah kesehatan yang berkepanjangan. Berikut ini adalah beberapa tanda-tanda bahwa tubuh kita kelebihan zat besi:

1. Kecemasan

Tubuh yang kelebihan zat besi akan merasakan kecemasan yang berlebihan. Hal ini akan membuat fungsi organ dalam tubuh menjadi tidak normal, dan tentu saja kamu akan merasa resah tanpa sebab. Keresahan yang terjadi biasanya akan mengganggu aktivitas sehari-hari, mengganggu konsentrasi, dan sulit tidur nyenyak.

2. Diabetes

Zat besih yang terlalu banyak akan tertinggal di dalam pankreas dan akan mempengaruhi sel tubuh yang lain. Hal ini akan memicu produksi insulin lebih banyak dan menyebabkan seseorang mengalami diabetes. Bila tidak segera ditangani akan menimbulkan kerusakan pada pankreas.

3. Cardiomyopathy

Jumlah zat besi yang berlebihan akan diakumulasikan pada otot-otot jantung. Bila tidak segera ditangani, hal ini bisa membuat seseorang mengalami gagal jantung. Kelebihan zat besi biasanya akan mengakibatkan seseorang mengalami masalah pada jantung mereka.

4. Jaundice

Banyak yang tidak mengerti apa itu Jaundice. Jaundice bisa muncul ketika bilirubin dalam darah jumlahnya meningkat. Kelebihan bilirubin bisa mengakibatkan liver seseorang mengalami gagal fungsi.

5. Impoten

Masalah impoten ternyata bisa disebabkan karena di dalam tubuh seseorang terdapat zat besi yang berlebihan. Kelebihan zat besi bisa membuat testikel pria menyusut dan membuatnya mengalami disfungsi ereksi.

5. Nyeri pada perut

Rasa nyeri di perut bisa banyak penyebabnya. Salah satu yang bisa menyebabkan perut terasa nyeri adalah zat besi yang berlebihan di dalam tubuh kita. Biasanya disertai dengan membengkaknya bagian perut tersebut.

6. Kulit keabuan

Perhatikan warna kulit kamu, bila terdapat warna kulit keabuan secara tiba-tiba, bisa jadi ini pertanda bahwa tubuh kamu mengalami kelebihan zat besi dalam darah.

7. Arthritis

Penyakit Arthritis atau rasa nyeri pada seluruh persendian adalah salah satu tanda bahwa tubuh kita mengandung zat besi yang berlebihan. Rasa nyeri pada persendiran disertai dengan bengkak ini sangat mengganggu dan membuat penderitanya merasa tidak nyaman.

Demikianlah penjelasan singkat tanda tubuh terlalu banyak zat besi. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Tanda Terlalu Banyak Zat Besi, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - September 27, 2013