Tau Gak Tentang Hewan Blesteran Liger dan Tigon

liger-tigon

Sobat Sok Tau pasti pernah melihat singa dan harimau kan? Walaupun kedua hewan buas ini sama-sama suka makan daging, tapi mereka adalah dua jenis hewan yang berbeda. Bagaimana jika dua hewan yang berbeda ini melakukan kawin silang? Tentunya akan muncul jenis baru.

Tigon dan Liger adalah spesies baru dari hasil perkawinan silang antara harima dengan singa. Liger adalah singkat dari Lion & Tiger, atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Simau – ┬áSinga dan Harimau. Liger adalah hasil perkawinan Singa jantan dengan harimau betina. Sedangkan Tigon adalah hasil perkawinan antara harimau jantan dengan singa betina.

Artikel lain: Penyebab mata kedutan

Perkawinan silang ini sering terjadi di alam liar. Namun, keberadaan mereka di alam liar sudah mulai punah. Itulah sebabnya manusia melakukan penangkaran satwa liar dengan mengembang biakkan spesies Liger dan Tigon. Kedua jenis spesies ini memiliki kemiripan dengan kedua induknya, baik sifatnya ataupun fisiknya.

Liger memiliki kebiasaan suka berenang seperti harimau, dan di tubuhnya terdapat bintik-bintik seperti singa. Biasanya Liger memiliki ukuran yang jauh lebih besar dari kedua induknya, bahkan beratnya bisa mencapai 400 kilogram, ini dua kali lebih berat dari singa dan harimau pada umumnya.

Namun Tigon memiliki kecendrungan mengalami kekerdilan, ukuran tubuhnya tidak sebesar saudaranya Liger. Kekerdilan tersebut terjadi karena tigon mewarisi gen penghambat pertumbuhan dari induknya, singa. Berat seekor Tigon hanya sekitar 200 kilogram.

Manusia sudah banyak melakukan rekayasa pada perkawinan silang antara singa dan harimau. Hal ini membuat Liger dan Tigon dari hasil rekayasa manusia tersebut cenderung tumbuh tidak normal dan memiliki penyakit. Umur spesies Tigon dan Liger hasil rekayasa manusia biasanya tidak hidup lama, tidak seperti induknya.

Demikianlah penjelasan singkat tentang hewan blesteran Liger dan Tigon. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Tentang Hewan Blesteran Liger dan Tigon, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 19, 2013