Tau Gak Tentang Keindahan Pantai di Mentawai Sumatera Barat

keindahan-pantai-mentawai

Mentawai adalah salah satu kabupaten yang ada di Sumatera Barat. Pantai di tempat ini sangat terkenal keindahannya, banyak wisatawan yang mengunjungi kepulauan Mentawai, baik turis lokal maupun mancanegara, untuk menikmati keindahan pantai dan juga alam sekitarnya.

Banyaknya turis asing yang datang ke tempat ini membuat pertumbuhan resor mewah semakin bertambah di sana. Para wisatawan sangat menyukai ombak pantai di kepulauan Mentawai, dan sering digunakan untuk berselancar oleh para peselancar. Banyak orang yang menganggap bahwa ombak di sekitar pantai ini adalah salah satu yang terbaik di dunia setelah ombak di Hawai dan Tahiti.

Artikel lain: Keindahan pantai Merak Belantung 

Beberapa tempat di kepulauan yang sering dikunjungi para peselancar adalah pulau Nyangnyang, Karang Majat, Masilok, Botik, dan Mainuk. Pada bulan Juli dan Agustus ombak di tempat ini bisa mencapai 7 meter, ini adalah puncak kunjungan para wisatawan asing ke Mentawai.

Selain keindahan alamnya, Mentawai juga punya peranan bagi konservasi. Mulai tahun 1981 silam, badan PBB untuk pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan (UNESCO) memilih pulau Siberut di Mentawai sebagi cagar biosfer. Tempat ini harus dilindungi dan tidak boleh dieksploitasi oleh manusia.

Selain itu, Mentawai juga memiliki empat primata endemik, yaitu monyet ekor babi, bilou, siamang kerdil, dan lutung Mentawai. Pusat Primata Universitas Gottingen Jerman bekerja sama dengan IPB untuk meneliti kekayaan primata Mentawai ini dan mendirikan proyek konservasi Siberut.

Sayangnya, pemerintah kita belum serius memperhatikan keunikan Mentawai dan menjadikannya sebagai tempat wisata yang lebih baik. Hal ini terlihat masih banyaknya fasilitas umum seperti fasilitas kesehatan dan pendidikan yang tidak diperhatikan dengan baik. Selain itu, pengadaan listrik dan fasilitas jalan masih sangat terbatas.

Kurangnya perhatian pemerintah RI dan kurangnya pengetahuan pemerintah setempat untuk mengelola lingkungannya membuat beberapa aset di sana di kelola oleh orang asing. Diantaranya adalah resor mewah, dan sejumlah lokasi selancar yang ada di sana. Orang asing tersebut menyewa tanah milik orang Mentawai di sekitar pantai dan mengelolanya untuk para turis yang datang.

Pemerintah seharusnya lebih bisa mengatur agar kekayaan Indonesia tidak jatuh ke tangan orang asing untuk pengelolaannya. Jika ini dibiarkan terus menerus, bukan tidak mungkin kekayaan alam Mentawai yang sangat terkenal itu dikelola oleh orang asing. Sangat disayangkan bila hal ini sampai terjadi.

Sekian dulu info menarik tentang keindahan pantai di Mentawai. Semoga artikel dari tim Sok Tau ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Tentang Keindahan Pantai di Mentawai Sumatera Barat, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 24, 2013