Tau Gak Tentang Keindahan Pantai Krakal

pantai-krakal

Sobat Sok Tau pernah mendengar tentang pantai Krakal? Pantai ini adalah pantai yang dikelilingi oleh pasir putih dan batu karang. Pantai Krakal berada di sisi tenggara Gunungkidul, di desa Ngestirejo, Tanjungsari, dimana pantai ini berjejer dengan pantai Baron dan pantai Kukup.

Pantai ini berada sekitar 38 km dari jantung kota Yogyakarta. Untuk mengunjungi pantai Krakal dibutuhkan waktu kurang lebih 2 – 3 jam dari Wonosari, yaitu ibu kota Gunungkidul yang berjarak sekitar 21 km dari pantai Krakal. Proses pembentukan pantai ini adalah karena alam. Pada jaman dahulu, pantai ini adalah berada di dasar lautan dan tebenam oleh air laut. Akibat terjadinya pengangkatan kerak bumi, dasar laut itu kemudian naik ke permukaan dan akhirnya menjdai daratan yang luas. Dan itulah awal munculnya pantai Krakal ini.

Artikel lain: Keindahan pantai Parangtritis

Pantai Krakal sangat kaya akan pesona lautnya. Laut yang dikelilingi oleh banyak batu karang ini terkenal dengan hewan-hewan lautnya yang unik, seperti bintang laut, ikan-ikan, rumput laut dan batu karang di dasar laut yang sangat indah. Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini harus mencoba wisata bawah lautnya karena keindahan di bawah laut di sana sangat menarik dan menyenangkan.

Menurut informasi yang didapatkan oleh tim Sok Tau, pantai ini masih belum begitu terkenal dibanding pantai yang lain. Ini karena penanganan pantainya dan juga promosinya masih belum maksimal sehingga tidak begitu banyak wisatawan yang berkunjung melihat keindahan pantai Krakal ini.

Selain itu, untuk menjangkau pantai Krakal harus menempuh jalan yang agak sempit dan kondisinya rusak. Karena itu, sobat Sok Tau yang ingin berkunjung ke tempat ini harus berhati-hati karena jalan menuju ke pantai ini masih banyak yang berlubang. Untuk masuk ke area pantai, pengunjung harus membeli tiket. Tapi jangan khawatir karena tiket masuk ke area pantai cukup murah, yaitu Rp 9000,- saja.

[youtube id=”n0j05rZz4kE” width=”620″ height=”360″]

Pantai krakal adalah pantai yang terpanjang di Gunungkidul karena bentangan pantainya mencapai 40.000 m. Banyak orang yang menyebutkan bahwa pantai terindah di kawasan Gunungkidul ini adalah pantai Krakal. Satu hal yang menarik tentang pantai ini, pada saat-saat tertentu banyak sekali ikan hias yang terlihat dipinggiran pantai.

Di sekitar pantai ini juga terdapat hotel yang dapat digunakan untuk menginap, hotel ini adalah Hotel Herlois. Selain pantai Krakal, para wisatawan juga bisa menikmati keindahan pantai lain yang ada didekat pantai Krakal yaitu pantai Baron dan Kukup. Kamu tertarik untuk berkunjung ke sana?

Sekian dulu info menarik tentang keindahan pantai Krakal. Semoga artikel dari tim Sok Tau ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Tentang Keindahan Pantai Krakal, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - June 8, 2013