Tau Gak Tentang Keindahan Pantai Kuta di Pulau Lombok

keindahan-pantai-kuta-lombok

Pantai Kuta ini berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat, yaitu di sebuah desar kecil yang diberi nama desa Kuta. Pantai ini berbeda dengan Pantai Kuta yang ada di Bali. Walaupun kedua pantai ini memiliki nama yang sama, namun keduanya memiliki keunikan yang berbeda.

Pantai Kuta di Lombok ini memiliki keunikan pada pasir pantainya, di mana pasir di pantai ini berwarna putih dan bentuknya seperti butiran merica. Selain itu, gradasi warna air laut di pantai ini berwarna hijau karena habitat bawah laut di lautnya masih sangat terjaga kelestariannya.

Artikel lain: Keindahan pantai Lampuuk

Ombak di pantai ini cukup besar dan banyak dimanfaatkan oleh para surfer. Boleh dikatakan ombak di pantai Kuta Lombok ini adalah surganya para penghobby surfing. Selain ombak yang besar, di sekitar pantai juga terdapat beberapa bukit yang agak tinggi. Bukit-bukit ini membuat panorama di pantai Kuta ini semakin indah.

Pantai ini termasuk pantai yang agak sepi pengunjung, dan sangat cocok untuk mereka yang ingin beristirahat di tempat yang tenang. Bila ingin menikmati akhir pekan di tempat yang indah dan tenang maka pantai Kuta Lombok adalah tempat yang harus kamu kunjungi.

Akses ke Pantai Kuta Lombok

Dari kota Mataram, para turis harus menempuh perjalanan sekitar 2,5 jam menuju pantai Kuta. Sebenarnya perjalanan ini tidak terlalu jauh mengingat keindahan pantainya yang mampu mengobati rasa lelah selama perjalanan menuju ke sana. Keindahan alam di pantai ini masih alami dan tidak rusak oleh ulah manusia, tidak kalah indah dengan Pantai Kuta yang ada di Bali.

Di pantai ini sudah tersedia beberapa fasilitas umum untuk para pengunjung, salah satunya adalah toilet umum. Selain itu, di sekitar pantai ini juga sudah disediakan fasilitas tempat parkir umum oleh pihak pengelola pantai. Lahan parkir di tempat ini cukup luas sehingga semua pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi bisa memarkir kendaraannya di tempat itu dengan aman.

Di desa Kuta Lombok sebenarnnya sudah ada beberapa hotel baru yang bisa digunakan oleh para turis untuk menginap. Salah satu hotel berbintang yang ada di desa Kuta ada hotel Novotel, pantai ini berjarak sekitar satu kilometer dari daerah pantai Lombok. Fasilitas hiburan atau rekreasi di pantai ini juga sudah ada, misalnya jet ski, bananan boat, speed boat, dan masih banyak lagi.

Turis yang ingin melihat kerajinan penduduk asli di sana bisa mengunjungi kawasan cagar budaya di sana.  Kawasan cagar budaya ini adalah sebuah perkampungan adat suku Sasak, yaitu penduduk asli Lombok yang ada di desa Sade dan Rambitan. Selain itu, para turis juga bisa membeli kerajinan yang unik dari masyarakat setempat yang cocok dijadikan sebagai cinderamata.

Sekian dulu info menarik tentang keindahan pantai Kuta di pulau Lombok. Semoga artikel dari tim Sok Tau ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Tentang Keindahan Pantai Kuta di Pulau Lombok, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 16, 2013