Tau Gak Tentang Keindahan Pantai Lovina, Bali

pantai-lovina-bali

Pantai yang indah ini berada 9 km dari kota Singaraja, Bali. Pantai Lovina adalah salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal ataupun mancanegara. Keunikan dari pantai Lovina adalah lumba-lumba yang sering berada di sekitar pantai ini. Para turis dapat mendekati lumba-lumba secara langsung dengan menggunakan perahu kecil yang disewa.

Pantai lovina ini memiliki sejarah yang sangat menarik. Sekitar tahun 1950an, anak Agung Panji Tisna melakukan perjaanan ke negara-negara Asia dan Eropa. Dia memperhatikan cara hidup masyarakat di negara yang dikunjunginya. Dan kehidupan masyarakat di India adalah yang paling menarik perhatiannya, yang kemudian mempengaruhi cara berpikir Panji Tisna.

Artikel lain: Pantai Harapan, Nusa Tenggara Timur

Pada waktu itu, Panji Tisna memperhatikan sebuah tempat yang memang ditata dengan indah untuk orang-orang yang ingin berlibur di pantai. Tempat itu mirip seperti tanah miliknya di pantai Tukad Cebol, Bulelelng, Bali Utara. Kemudian timbullah inspirasi Panji Tisna untuk membuat sebuah tempat peristirahatan yang mirip seperti tempat yang dia lihat itu.

Lalu dia ingin memberikan nama pada tempat itu. Panji Tisna masih belum menentukan nama tempat yang akan dibangunnya di tanahnya nanti. Dia terus melakukan perjalanan sambil memikirkan kampung halamannya, dan akhirnya dia tiba disebuah perkebuanan jeruk di pegunungan desa Seraya dan melihat sebuah pemandangan yang indah. Dan di situ dia menemukan sebuah kota kecil yang diberi nama Lovina, nama inilah akhirnya yang digunakan untuk tempat yang akan dibangunnya di kampung halaman. Dan sekarang kita kenal dengan pantai Lovina.

Setelah dibangunnya Bandara Udara Ngurah Rai pada tahun 1970, banyak turis yang datang ke Bali untuk berlibur ke pantai Lovina. Hal ini membuat pemerintah Buleleng membuat program di sektor pariwisata, yang nantinya akan menjadi salah satu yang dapat membantu kemajuan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat setempat. Namun, pada masa itu ada banyak pengakuan dan penolakan yang tertuju pada Lovina.

Selama ratusan tahun kota Singaraja sebagai pusat pemerintahan dan kegiatan perdagangan akhirnya berubah. Ibu kota dipindahkan ke Denpasar yang kemudian menjadi ibu kota propinsi Bali. Dampaknya tentunya sangat jelas terlihat, dimana pembangunan di Bali utara menjadi anjlok, terutama di kota Singaraja. Bali utara khususnya Singaraja membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bangkit kembali ke kondisi normal.

Bila kita melihat dari konteks Panji Tisna, orang yang menganggap bahwa kata ‘love’ dan ‘ina’ sebagai singkatan dari Love Indonesia adalah sebuah kekeliruan. Penggunaa istilah INA pertama kali digunakan ketika Indonesia mengikuti Asian Games pada tahun 1963. ┬áPadahal Lovina sendiri sudah berdiri sejah tahun 1953. Kata Lovina menurut Panji Tisna berasal dari dua kata, yaitu Love dalam bahasa Inggris berarti Cinta, dan Ina dalam bahasa Bali yang berarti ibu. Jadi, arti dari pantai Lovina adalah Cinta Ibu atau dalam arti luhurnya adalah “Cinta Ibu Pertiwi”.

Sekian dulu info menarik tentang pantai Lovina di Bali. Semoga artikel dari tim Sok Tau ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Tentang Keindahan Pantai Lovina, Bali, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - June 20, 2013