Tau Gak Tentang Keindahan Pantai Merak Belantung Kalianda

By on July 21, 2013

pantai-merak-belantung-kalianda-lampung

Kota Bandar Lampung terkenal dengan pantainya, yait pantai Merak Belantung atau yang dikenal juga dengan nama pantai Embe. Pantai ini berada di sebuah teluk, yaitu teluk Belantung yang bersebelahan dengan resot Kalianda. Dari kota Bandar Lampung membutuhkan waktu sekitar 60 menit untuk mencapai pantai Merak Belantung.

Pantai Merak Belantung terkenal dengan kebersihannya. Selain itu, pantai ini terkenal dengan keindahan pemandangan alam di sekitar pantainya dan cocok untuk tempat berlibur bagi keluarga. Pantai ini adalah tempat pariwisata utama di Lampung.

Artikel lain: Keindahan pantai Cijeruk Indah di Garut

Advertisement

Pemandangan dari pantai langsung menghadap ke arah samudera, dan di arah pantainya terlihat sepintas kota Kalianda yaitu pemancar alat komunikasinya dan juga beberapa gedung di sana. Kita juga bisa melihat gunung Krakatau yang berada di sebelah kanan pantai. Kamu juga bisa menuju gunung tersebut dengan menggunakan speedboat.

Pihak pengelola pantai memberikan tarif murah untuk masuk ke beberapa lokasi pelesiran di sana. Biayanya sekitar Rp 5000,- hingga Rp 10.ooo,-. Keunikan tempat ini adalah kealamiannya. Di sekitar pantai Merak Belantung terdapat beberapa pantai lainnya, yaitu pantai Kalianda, pantai Nirwana Beach Resort, pantai Tanjung, pantai Setia, dan pantai Sepanan.

Sebenarnya pengelolaan pantai-pantai di Lampung masih belum maksimal oleh pemerintah setempat. Inilah yang membuat perkembangan pariwisata di sana kurang maju, padahal kalau dilihat dari potensi obyek wisatanya, sangat menjanjikan untuk jangka panjang dan bisa menjadi sumber pemasukan pemerintah daerah di sana. Hal ini juga terlihat pada pengelolaan pantai Merak Belantung yang masih sangat tergantung pada masyarakat setempat.

Advertisement

Pantai Embe atau yang dulunya dikenal dengan nama Pantai Merak Belantung sudah mengalami perubahan yang lebih baik sejah dikelola oleh Krakatao Nirwana Resort (KNR), perusahaan PT Bakrieland Developement Tbk. Pihak pengelola berusaha mengembalikan permainan rakyat yang sudah lama tidak terlihat, diantaranya gasing, gobak sodor, enggrang, dan taplak.

Sekian dulu info menarik tentang keindahan pantai Merak Belantung Kalianda di Bandar Lampung. Semoga artikel dari tim Sok Tau ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.


Yuk Kasih Komentarnya...

comments