Tau Gak Tentang Keindahan Pantai Parangtritis

pantai-parangtritis

Pantai Parangtritis ini berada di desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul di bagian selatan kota Yogyakarta, kurang lebih 27 km dari pusat kotanya. Selain sebagai tempat wisata para turis, pantai ini juga sangat dikenal sebagi tempat ziarah karena orang jawa percaya pantai itu adalah tempat kerajaan Nyai Roro Kidul.

Selain itu, pantai Parangtritis juga merupakan garis imajiner dengan Keraton Kasultanan Yogyakarta serta Gunung Merapi. Pada momen-momen tertentu, di komplek ini sering diadakan acara labuhan dari Keraton Yogyakarta.

Kita dapat menemukan gundukan-gundukan pasir yang tinggi di pantai Parangtritis. Gundukan-gundukan pasir yang indah ini merupakan satu-satunya fenomena alam yang ada di Asia Tenggara. Selain itu, kamu juga akan menemukan pemandian air hangat yang dulunya merupakan pemandian Sultan Hamengku Buwono VII. Banyak masyarakat setempat yang percaya bahwa air di tempat ini bisa menyembukan beberapa penyakit.

Artikel lain: Keindahan pantai sawarna

Pada bagian sebelah timur pantai ini terdapat bukit karang, dimana kita dapat menikmati sunset yang begitu indah dan terlihat seperti hilang ditelan oleh air laut secara perlahan-lahan. Di tempat ini ada banyak sekali tempat penginapan bagi para wisatawan yang ingin melihat keindahan malam di pantai tersebut, baik hotel yang murah meriah hingga hotel yang bertaraf internasional pun ada di sana.

Selain tempat penginapan, di sana juga telah disediakan tempa penyewaan ATV (All Terain Vehicle) untuk berkendara di gundukan pasir di sepanjang pantai, tarifnya sekitar Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu per 30 menit. Kendaraan ini sangat cocok bagi wisatawan yang ingin menelusuri pantai tanpa harus merasa kelelahan berjalan kaki. Selain ATV, ada juga dokar, yaitu kendaraan yang ditarik oleh kuda, harga sewa kendaraan ini adalah Rp 20 ribu sekali putaran bolak-balik. Bagi wisatawan yang ingin makan, disepanjang pantai ini juga ada banyak sekali warung makan yang menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman, bahkan ada juga penjaja makanan yang berkeliling di sepanjang pantai.

Pantai Parangtritis termasuk pantai yang sangat ramai dan sering dikunjungi wisatawan. Namun, kalau kamu ingin berlibur ke sana, kamu harus berhati-hati dan memperhatikan rambu-rambu di sepanjang pantai karena deburan ombak di pantai Parangtritis sudah banyak menelan korban yang terbawa arus ombak karena tidak memperhatikan peringatan di sepanjang pantai itu.

Sekian dulu info menarik tentang keindahan pantai Parangtritis. Semoga artikel dari tim Sok Tau ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Tentang Keindahan Pantai Parangtritis, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - June 6, 2013