Tau Gak Tentang Keindahan Pantai Watu Ulo di Jember

keindahan-pantai-watu-ulo

Pantai Watu Ulo ini berada di kota Jember, yaitu sekitar 45 km dari pusat kota Jember. Pantai ini bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum yang ada di sana. Bagi kamu yang pernah mengunjungki pantai ini pasti sudah mengerti dengan rutenya. Namun, bagi mereka yang belum pernah ke sana tentunya perlu mengetahui rute yang paling cepat dan aman menuju pantai tersebut.

Untuk menuju ke pantai Watu Ulo, kamu bisa menggunakan banyak rute. Patokan utama menuju pantai ini adalah kota Ambulu karena jalan paling mulus menuju pantai Watu Ulo adalah melalui kota Ambulu. Mereka yang dari arah Surabaya, ada dua pilihan ketika sampai di Lumajang. Rute yang bisa kamu tempuh adalah Lumajang – Yosowilangun – Kencong – Balung – Ambulu – Lokasi pantai Watu Ulo.

Artikel lain: Keindahan pantai Kuta di Lombok

Di pantai ini terdapat sebuah batu panjang yang berbentuk seperti ular, dalam bahasa jawanya disebut dengan ulo. Inilah sebabnya kenapa nama pantai ini disebut dengan Watu Ulo, dalam bahasa Indonesia berarti Batu Ular. Menurut cerita masyarakat setempat, dahulu kala ada seekor ular yang bertapa di sekitar pantai tersebut. Ular itu berdoa agar yang Maha Kuasa mengubah wujudnya menjadi sebuah batu. Doanya akhirnya terkabul, sehingga dia menjadi sebuah batu berbentuk ular dengan kepala menjulur ke laut.

Daerah pegunungan dan pantai Watu Ulo ini pernah dijadikan sebagai benteng pertahanan dan tempat pengintaian oleh penjajah Jepang. Di sana ada lima benteng jepang yang oleh masyarakat setempat disebut dengan goa Jepang. Benteng Jepang ini adalah salah satu obyek wisata yang banyak dikunjungi oleh para turis.

Selain Goa Jepang, di pantai ini juga terdapat sebuah yang disebut dengan Goa Lawa yang artinya Goa kelelawar. Di dalam gua ini terdapat banyak sekali kelalawar, diperkirakan jumlahnya mencapai ratusan ribu kelelawar. Pengunjung dapat memasuki gua ini dengan cara menyusuri pantai berpasir. Beberapa orang yang ingin bermeditasi sering pergi ke gua ini karena tempatnya memang sepi dan kedalaman gua ini mencapai 100 meter. Kalau kamu tertarik dengan pantai yang unik dan sepi, maka kamu bisa mengunjungi pantai Watu Ulo ini.

Sekian dulu info menarik tentang keindahan pantai Watu Ulo di Jember. Semoga artikel dari tim Sok Tau ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Tentang Keindahan Pantai Watu Ulo di Jember, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 17, 2013