Tau Gak Tentang Kode Jenis Plastik Kemasan

156

Plastik hingga saat ini masih menjadi salah satu bahan yang paling banyak digunakan dalam kehidupan manusia sehari-hari. Mulai dari pembuatan barang-barang hingga kemasan makanan, semuanya banyak yang dibuat dengan bahan material plastik.

Namun apakah anda tahu bahwa sebenarnya plastik juga mempunyai kadar keamanan dan telah ditetapkan secara internasional? Tiap jenis plastik mempunyai spesifikasi khusus untuk keperluan tertentu. Hal tersebut dibuat karena jika sebuah jenis plastik tidak digunakan sebagaimana mestinya maka akan menimbulkan efek negative pada kesehatan kita.

Baca juga : Tau Gak Bahaya Yang Disebabkan Kemasan Makanan

Standart tersebut dibuat oleh Organization for Standardization (ISO) dan membagi plastik menjadi 7 jenis berbeda.

Polietilen Tereftalat (PET)

Plastik ini termasuk jenis yang tahan air dan kedap gas namun akan melunak pada suhu 80 derajat. Penggunaannya lebih baik untuk makanan seperti selai, minyak goreng, serta kecap atau saos. Tidak boleh digunakan untuk wadah air panas dan hanya untuk sekali pakai.

High Density Polyethylene (HDPE)

Jenis ini lebih kuat dan keras. Pemakaiannya untuk wadah gallon, keranjang belanja atau juga botol susu cair. Penggunaannya bisa beberapa kali, namun sebaiknya tidak terlalu sering.

Polivinil klorida (PVC)

Jenis ini merupakan yang paling keras dan tidak disarankan untuk makanan. Biasanya digunakan untuk paralon atau alat rumah tangga lainnya. Di dalamnya ada zat yang dapat berbahaya bagi kesehatan yaitu DEHA yang dapat menyebabkan rusaknya ginjal dan hati.

Low Density Polyethylene (LDPE)

Jenis ini sangat rentan dan lunak. Biasanya digunakan untuk bungkus coklat. Namun bahan ini cukup tahan air dan mudah untuk didaur ulang. Jenis ini merupakan salah satu yang paling baik untuk wadah makanan.

Polipropilen (PP)

Jenis ini bertekstur lunak namun kuat. kelebihan lainnya adalah dapat mencegah adanya reaksi kimia saat digunakan untuk pembungkus makanan. Tidak hanya itu bahan ini juga tahan minyak dan panas. Jenis ini adalah yang paling baik dan direkomendasikan sebagai wadah makanan dan minuman.

Polistiren (PS)

Jenis ini sering digunakan sebagai bahan pembuat sendok dan garpu plastik. Selain itu juga digunakan untuk bahan pembungkus makanan beku. Jenis ini cukup biak digunakan untuk alat makan dan pembungkus makanan.

Other (O)

Jenis yang terakhir ini pada dasarnya terdiri dari beberapa jenis plastik lain yang tidak digolongkan pada 6 jenis sebelumnya. Yang termasuk jenis ini adalah Styrene Acrylonitrile (SAN), Acrylonitrile Butadiene Styrene (ABS), Polycarbonate (PC), dan Nylon.

Pada umumnya jenis ini kurang baik jika digunakan untuk bahan makanan, bahkan jenis seperti Polycarbonate (PC) terbukti mengandung zat yang dapat menjadi racun bagi tubuh.

Semua produk plastik pada umumnya telah dilengkapi kode tersebut. Anda tinggal melihatnya dan memilih jenis plastik yang lebih aman seperti yang berkode SAN atau ABS.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Tentang Kode Jenis Plastik Kemasan, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - March 2, 2014