Tau Gak Tentang Pantai Tanah Lot di Bali

Keindahan-Pantai-Tanah-Lot

Tanah Lot adalah salah satu obyek wisata yang sangat terkenal di Bali. Tempat ini memiliki keunikan, yaitu lokasi Pura Tanah Lot yang berada di tengah laut sejauh sekitar 300 meter dari pinggir pantai. Selain itu, tempat ini juga memiliki banyak batu karang dan juga gua yang besar.

Di sana terdapat dua pura yang berdiri di atas batu besar. Salah satu pura terletak di atas bongkahan batu, sedangkan yang lainnya berada di pinggir tebing dan menyerupai Pura Ulawatu. Pura Tanah Lot adalah bagian dari Pura Dang Kahyangan, sering digunakan masyarakat setempat untuk tempat pemujaan dewa penjaga laut.

Artikel lain: Keindahan pantai Lakey di NTB

Pada bagian sebelah barat terdapat sumber air tawar dan dianggap air suci oleh umat Hindu. Di sana juga terdapat lorong-lorong teing karang dimana terdapat banyak ular belang yang jinak dan dipercaya sebagai penjaga pura oleh masyarakat setempat. Di sekitar pura juga terdapat mata air yang terlihat saat air laut sedang surut.

Tanah Lot ini dalam bahasa Indonesia berarti Tanah yang berada di tengah laut. Pura Tanah Lot didirikan oleh seorang pendeta Hindu bernama Bawu Rawu pada abad ke-15, dan berasal dari kerajaan majapahit. Bawu Rawuh atau yang sering disebut juga dengan Danghyang Nirartha memberikan petunjuk untuk membangun sebuah pura di tempat itu karena merasa adanya getaran kesucian dan mendapat kesempurnaan batin.

Menurut cerita masyarakat setempat, Danghyang Nirartha berhasil menyebarkan dan menguatkan kepercayaan Hindu pada masyarakat setempat. Pemimpin setempat yang dianggap suci bernama Bendesa Beraban mengusir Danghyang Niratha dari Tanah Lot karena merasa tersaingi dan semakin banyak pengikutnya yang menjadi pengikut Danghyang Nirartha. Sebelum Danghyang Nirartha meninggalkan tempat itu, dia memindahkan bongkahan batu ke pantai dan membangun pura di sana.

Sekian dulu info menarik tentang keindahan pantai Tanah Lot di Bali. Semoga artikel dari tim Sok Tau ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Tentang Pantai Tanah Lot di Bali, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - October 14, 2013