Tau Gak Tentang Pesona Pantai Siung

Pantai-Siung

Pantai Siung ini berada di dusun Wates, desa Purwodadi, kecamatan Tepus, Kabupaten Kidul. Pantai ini berada sekitar 70 km dari kota Yogyakarta. Yang membuat pantai ini sangat istimewa adalah lokasinya yang berada di cekungan yang panjangnya sekitar 300 – 400 m. Pantai ini dikelilingi oleh batu karang besar yang ditumbuhi oleh lumut hijau.

Tempat ini memiliki topografi yang sangat khas dimana lokasi tersebut penuh dengan bebatuan dan berkarang dan dilengkapi dengan ombak besar. Selain itu, posisi pantai Siung langsung menghadap ke Samudera Hindia. Inilah yang membuat pemerintah setempat membuat larangan untuk berenang di kawasan pantai ini.

Artikel lain: Keindahan pantai Manggar Segarasari

Walaupun para turis tidak diperbolehkan untuk berenang di sekitar pantai, masih ada daya tarik tersendiri dari pantai ini yang membuat banyak turis datang ke pantai Siung. Karang dan juga bebatuan yang ada di area pantai Siung menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta panjat tebing.

Kamu akan melihat ada ratusan jalur pemanjatan dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda di sekitar pantai ini. Bahkan pantai siung lebih dikenal dengan sebutan “the best rock climbing site in Yogyakarta” karena kekayaan jalur climbing yang ada di sana.

Selain pesona tebingnya, pantai Siung juga memiliki panorama yang elok dan eksotis dan sering dikunjungi oleh pecinta photografi. Kamu yang menyukai photografi tidak akan kecewa dengan pemandangan pasir putih dan bentangan batu karang raksasa di sepanjang pantai yang bisa kamu jadikan oyek bidikan lensa kamera.

Bagi pengunjung yang tidak menyukai photografi, bisa menghabiskan waktu dengan pasangan atau keluarga dengan kegiatan lainnya, seperti memancing, atau hanya sekedar duduk-duduk di pinggir pantai. Pantai ini cukup luas dan hampir semua sisi akan terlihat pemandangan alam yang sangat indah.

Pemandangan yang tidak kalah menarik adalah ketika malam hari tiba dimana suasana di sekitar pantai akan sepi pengunjung. Pada saat itu, sekelompok kera ekor panjang biasanya akan turun dari tebing menuju pantai Siung. Memang saat ini kera ekor panjang semakin jarang ditemukan, namun di pantai Siung ini kamu akan dapat melihat sekelompok kera ekor panjang sepuasnya.

Sekian dulu info menarik tentang keindahan pantai pantai Siung. Semoga artikel dari tim Sok Tau ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

 

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Tentang Pesona Pantai Siung, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - June 29, 2013