Tau Gak Tentang Sejarah Susunan Keyboard Qwerty

Sejarah-Susunan-Keyboard-QWERTY

Sobat Sok Tau pasti pernah melihat HP Qwerty atau keyboard komputer dan laptop. Lalu, apa sih Qwerty itu? Qwerty adalah susunan huruf dan simbol di dalam keyboard laptop, komputer atau HP Qwerty. Kalau dilihat sepintas, usunan huruf Qwerty dibuat tidak teratur. Kenapa tidak membuat huruf nya sesuai abjad ya? Baca selengkapnya untuk mengetahuinya.

Orang yang membuat susunan Qwerty ini adalah Christopher Latham Sholes. Kalau kita menilai dari kemudahan dalam mengetik, sebenarnyan susunan keyboards Qwerty yang ada sekarang masih kalah dari susunan keyboard yang dibuat oleh Christopher sebelumnya. Susunan keyboard tersebut dibuat dengan menempatkan huruf yang paling sering digunakan bersamaan secara berdekatan dan membuat pengguna keyboard dapat mengetik lebih cepat.

Artikel lain: Jaring laba-laba terbuat dari apa

Susunan yang dibuat pertama kali itu memang sangat menguntungkan. Namun, pada jaman dahulu belum ada komputer dan masih menggunakan mesin ketik manual. Kamu pasti sudah lupa dengan susunan keyboard mesin ketik manual. Mesin ketik terdiri dari tombol dan batang huruf yang dibuat sedemikian rupa.

Ketika tombol huruf pada mesin ketik ditekan, maka batang huruf akan menghentak pita ke atas dan meninggalkan bekas sesuai pola hurufnya pada kertas. Namun, ketika huruf-huruf yang sering digunakan dibuat pada posisi yang berdekatan akan terjadi masalah, yaitu batang huruf tersebut bisa saling mengait saat digunakan dan membuat proses mengetik menjadi terganggu.

Itulah sebabnya, Sholes kemudia melakukan perubahan pada susunya keyboard ciptaannya. Dia membuat posisi huruf-huruf yang sering digunakan berjauhan, dan akhirnya terciptalah susunan keyboard Qwerty seperti yang kita lihat dan gunakan sekarang ini. Susunan Qwerty ini kemudian diakui sebagai standard internasional.

Demikianlah penjelasan singkat tentang sejarah susunan keyboard Qwerty. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Tentang Sejarah Susunan Keyboard Qwerty, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - June 29, 2013