Tau Gak Tradisi Unik Dalam Mencari Jodoh Suku Mario

Tau Gak Tradisi Unik Dalam Mencari Jodoh Suku Mario

Setiap daerah memiliki tradisi khusus dimana tradisi tersebut tidak dimiliki oleh daerah lain. Ketika kita melihat sebuah tradisi dari daerah lain mungkin akan merasa asing dan menganggapnya sebagai hal unik. Begitu juga dengan orang lain yang merasa aneh dengan tradisi daerah kita cenderung merasa unik. Tradisi merupakan suatu kegiatan yang diturunkan dari nenek moyang untuk dilakukan secara turun menurun.

Di Indonesia terbagi menjadi beberapa pulau yang setiap pulau selalu memiliki tradisi tersendiri. Daerah tempat tinggal memiliki kekentalan tradisi yang dilakukan untuk menyiasati budaya tempat tersebut sejak zaman dahulu kala. Tujuannya adalah, supaya tradisi ini tidak terlupakan sehingga punah.

Salah satu tradisi unik ini ada pada suku Mario yaitu tradisi untuk mencari jodoh yang terlihat unik. Suku Mario memang mempunyai tradisi cinta yang cukup unik, untuk menunjukkan ketertarikan kepada lawan jenis. Dimana, pada saat perayaan festival Meal para gadis akan memasak nasi warna warni, kemudian para pria akan merayu dengan sebuah nyanyian. Para gadis akan menjawabnya dengan memberikan sapu tangan berisi nasi dengan beberapa warna itu.

Nasi yang dimasukkan didalam sapu tangan itu sudah dimasak dan sumpitnya. Ketika si gadis memberikan  dua buah sumpit artinya si gadis menerima cinta pria yang merayunya menggunakan nyanyian itu. Tetapi jika nasinya berisi bawang putih artinya gadis tersebut menolak cinta pria dengan kasar.

Tradisi ini jelas terlihat unik, bagaimana tidak apa hubungannya antara nasi berwarna–warni dengan perjodohan. Kemudian jika difikir secara logika apa maksud bawang putih didalam nasi sebagai tanda penolakan cinta. Hal ini menjadi tradisi unik yang baru–baru ini membuat banyak orang penasaran.

Karena di Indonesia tidak ada sebuah tradisi tentang mencari jodoh. Hanya saja tradisi akan dilakukan ketika proses perkawinan dirayakan. Dari setiap daerah selalu tradisi tersendiri selama melakukan proses perayaan pernikahan. Menjaga adat istiadat ini memang harus dilakukan untuk menjaga keaslian suatu daerah dan membedakannya dengan daerah lain.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Tradisi Unik Dalam Mencari Jodoh Suku Mario, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - May 28, 2014