Tau Gak Wisata Istana Air Rahasia Yang Unik Di Taman Sari Jogja

Tau Gak Wisata Istana Air Rahasia Yang Unik Di Taman Sari Jogja

Taman Sari Yogyakarta merupakan situs sejarah bekas taman keraton pada jaman dahulu disebut dengan kebun istana keraton. Kebun ini dibangun pada zaman sultan hamengkubuwono I (HB I. Pada awalnya tempat ini mempunyai luas lebih dari 10 hektare dengan jumlah bangunan 57 berupa gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air,danau buatan, dan pulau buatan ditambah dengan lorong bawah air.

Awalnya kebun taman sari ini membentang dari arah barat daya  dari komplek Kedhaton. Namun, untuk  saat ini yang hanya tersisa dibagian barat daya Kedhaton. Menurut mitosnya tempat wisata unik taman sari dibangun pada lokasi bekas keraton lama yang didirikan oleh susuhunan Paku Buwono II sebagai tempat istirahat.

Kompleks Taman Sari terbagi menjadi 4 obyek wisata yang pertama danau buatan atau disebut dengan segaran, pemandian umbul binangun dan menjadi tempat paling menarik dan terkesan unik di taman sari. Bagian objek ketiga merupakan pesarean edok sari dan kolam gajirwati berlokasi tepat disebelah selatan umbul pasiraman. Kemudian objek yang terakhir adalah komplek manganan berada disebelah timur bagian kedua dan meluas ke arah timur.

Bagian terakhir ini merupakan jembatan gantung dan sisa dermaga. Keindahan arsitektur yang kuno dan pemandangan menakjubkan membuat Taman Sari Yogyakarta semakin mempesona. Lorong–lorong serta bangunannya menjadikan taman sari penuh rahasia yang akan terus dicari oleh banyak orang. Menjadi situs wisata bersejarah taman sari Yogyakarta semakin sering dikunjungi oleh wisatawan domestik dan mancanegara.

Ketika ingin berwisata di tempat ini kita akan ditemani guide dengan membayarnya 20 ribu rupiah. Wisata istana air yang penuh rahasia ini menjadi objek wisata tersendiri dengan arsitektur kuno. Bentuk dari pinu gerbang masuk pada wisata ini sangat indah dan merupakan gaya asli dari jawa.

Secara detailnya arsitektur pada gerbang atau gapura ini menerapkan motif asli jawa seperti stiliasi dari sulur-sulur tanaman, burung ekon dan sayap burung garuda. Lokasi wisata istana air taman sari beralamat di Jl. Taman, Keraton, Yogyakarta 5513 Indonesia.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Wisata Istana Air Rahasia Yang Unik Di Taman Sari Jogja, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - May 20, 2014