Tau Gak Wisata Unik Petilasan Candi Ratu Baka

Tau Gak Wisata Unik Petilasan Candi Ratu Baka

Petilasan Candi Ratu Baka terkenal sebagai satu dari tiga tempat terbaik untuk menikmati keindahan sunset di Yogyakarta. Kedua tempat selain candi ratu baka untuk menikmati sunset adalah pantai indrayanti dan purba nglanggeran. Berada diatas bukit seribu dengan ketinggian sekitar 200 meter dari permukaan laut, lokasi candi ratu baka memang sangat pas untuk menikmati sunset dikala senja.

Tidak hanya itu sunset yang indah di candi ratu baka adalah mahakarya rakai pikatan dari candi prambanan dengan latar belakang gunung merapi kemudian gunung merbabu, sehingga tampak lebih megah dan indah akan kuasa tuhan dalam menciptakan keindahan alam ini. ketika berada dibukit tinggi ini separuh kota Yogyakarta tampak lebih jelas dan menampilkan keeksotisan tersendiri.

Lokasi Candi Ratu Baka tidak jauh dari candi prambanan sehingga untuk menempuh dari prambanan tidak membutuhkan waktu lama. Candi ratu baka terletak di jalan Solo kilometer 17, Kabupaten Sleman Yogyakarta, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan. Situs bersejarah candi ratu baka adalah sisa – sisa kemegahan keraton yang dibangun diantara tahun 746 dan 784 oleh Rakai Penangkaran, seorang raja keturunan dari wangsa syailendra pada masa mataram sehingga sangat terlihat unik.

Sebelum dijadikan keraton tempat bersejarah ini memiliki luas 2,5 hektar dan difungsikan sebagai wihara tempat Rakai Penangkaran menyepi dari hiruk – pikuk dunia. Setelah berpuluh – puluh tahun kemudian keturunan dari wangsa syailendra yang bernama Rakai Walaing mengubah candi ratu baka sebagai keraton, dengan melengkapi semua fasilitas pertahanan.

Para wisatawan yang berkunjung ke Candi Ratu Baka cukup merogoh kocek sebesar 27 ribu rupiah saja. Waktu yang pas untuk berkunjung ke tempat ini adalah sore hari sehingga akan puas dalam menyaksikan matahari tenggelam. Tepatnya pukul 17.15 wib matahari mulai turun mendekati cakrawala, dan tepat untuk dipotret dari berbagai ujung.

Ketika matahari telah tenggelam sempurna dibalik cakrawala wisatawan juga beranjak pulang dari tempat wisata bersejarah ini. Setelah bergembira dengan berwisata di petilasan candi ratu baka jangan lupa untuk berwisata kuliner di kota Joglo. Selain itu terdapat banyak pernak pernik dari kota wisata itu untuk dijadikan sebagai buah tangan keluarga.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Wisata Unik Petilasan Candi Ratu Baka, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - May 11, 2014