Tau Gak Makanan Berserat Tinggi Baik Untuk Kesehatan Jantung

Dengan makin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, kini juga merambah ke ranah kesehatan khususnya dalam upaya pengobatan penyakit jantung.

Dalam sebuah penelitian ilmiah yang diadakan di Lenox Hill Hospital, Amerika Serikat menemukan bahwa ternyata dengan menkonsumsi makanan berserat tinggi akan membantu seseorang untuk terhindar dari penyakit jantung.

Artikel lain: Menjaga Jantung Dengan Salmon

Temuan yang baru beberapa waktu lalu dikemukakan ini, merupakan hasil penelitian dari Dr Suzanne Steinbaum, seorang ahli jantung dari Lenox Hill Hospital. Ia bersama timnya telah melakukan serangkaian penelitian panjang terhadap pengaruh konsumsi makanan berserat terhadap resiko penyakit jantung.

Lebih detil ia memaparkan bahwa makanan berserat sendiri bisa dikelompokan menjadi 2 jenis. Yang pertama adalah makanan dengan serat tidak larut seperti biji-bijian dan jenis yang kedua adalah makanan berserat larut layaknya buah, sayur, kacang-kacangan, dan sereal gandum.

Dari kedua jenis makanan berserat tersebut ternyata memberikan dampak yang berbeda dan dapat dihubungkan dengan jenis penyakit jantung.

Seperti yang diketahui terdapat 2 jenis penyakit jantung yaitu jantung koroner yang disebabkan oleh penyumbatan arteri dan penyakit jantung kardiovaskular seperti stroke, gagal jantun, dan serangan jantung mendadak.

Penelitian yang menghimpun data dari berbagai negara tersebut menemukan bahwa jenis makanan berserat tak larut lebih berpengaruh pada penyakit jantung Koroner sedangkan makanan berserat larut akan baik dikonsumsi untuk mencegah jenis penyakit kardiovaskular.

Dengan begitu, temuan ini bisa menjadi jawaban serta solusi perawatan para penderita penyakit jantung ke depannya. Para ahli dapat lebih mengembangkan alternative asupan makanan yang sesuai dengan jenis penyakit jantung sang penderita. Direkomendasikan untuk konsumsi serat normal yaitu 20 hingga 38 gram per hari untuk menjaga kesehatan jantung kita. Be healthy

 

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Makanan Berserat Tinggi Baik Untuk Kesehatan Jantung, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - December 23, 2013